Manfaat Ajaib Minyak Jarak untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Ilustrasi minyak jarak. (Foodthesis)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Selasa, 27 September 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Kepopuleran minyak jarak dalam pengobatan tradisional, memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Sejumlah artis papan atas di dalam negeri, bahkan mancanegara seperti Angelina Jolie dan Britney Spears telah menggunakan minyak ajaib ini.

Pada dasarnya, minyak jarak adalah minyak yang diekstrasi dari biji tumbuhan jarak atau nama ilmiahnya Ricinus communis. Tumbuhan ini banyak tumbuh secara liar di dalam hutan, tanah kosong, ataupun pinggiran pantai.

Manfaat minyak jarak untuk kesehatan

Hingga kini, minyak jarak masih terus digunakan banyak orang. Tidak hanya dijadikan sebagai bahan campuran untuk makanan dan bahan bakar minyak, tetapi minyak ini juga banyak dimanfaatkan untuk pengobatan herbal dan produk perawatan kulit, seperti:

1. Menyembuhkan mata kering

Kondisi mata yang kering bisa menimbulkan masalah yang serius seperti keratoconjunctivitissicca. Adapun penyebabnya karena beberapa hal, yaitu usia senja, kekurangan vitamin A, mengidap penyakit diabetes, rheumatoid arthritis, lupus, skleroderma, dan gangguan hormon tiroid.

Oleh karena itu, untuk mencegah kekeringan pada mata, kita sudah sebaiknya menjaga kondisi mata agar selalu dalam keadaan lembab. Salah satunya dengan menggunakan minyak jarak yang bisa dijadikan obat yang sangat baik untuk mata kering.

2. Pengobatan mata katarak

Selain melembabkan mata kering, minyak ini juga terkenal ampuh untuk mengobati penyakit mata seperti katarak. Cara penggunaannya, cukup teteskan minyak jarak secara rutin pada malam hari sebelum tidur, sampai mata sembuh dari katarak. Umumnya, pengobatan ini berlangsung selama kurang lebih 2-6 bulan.

3. Menyembuhkan peradangan

Manfaat lainnya yaitu mengobati peradangan yang terjadi di sekitar kelopak mata. Kamu bisa mengolesi minyak biji jarak pada tempat yang radang. Minyak ini akan membantu mengurangi rasa panas, bengkak, dan kemerahan ketika sedang mengalami peradangan.

4. Mencegah infeksi mata

Selain peradangan, minyak ini juga banyak dimanfaatkan untuk mencegah infeksi pada mata. Hal ini dikarenakan kandungan dalam minyak jarak yang mampu melawan bakteri, seperti conjuctivitis. Kamu cukup meneteskan minyak jarak pada mata untuk menembuhkan infeksi pada mata karena bakteri

5. Memperbaiki alis dan bulu mata

Selain dalam dunia kesehatan, minyak biji jarak juga berperan baik dalam kecantikan. Oleskan minyak jarak di sekitar alis dan bulu mata secara rutin untuk menjaga kondisinya. Diketahui, minyak ini dapat merangsang pertumbuhan alis dan bulu mata, sehingga alis dan bulu mata menjadi lebih sehat dan tebal.

Baca Juga: Manfaat Ajaib Minyak Jarak untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
Mengenal Ganyong dan Sederet Manfaatnya yang Jarang Diketahui

6. Mencegah keriput dan mata panda

Keriput dan mata panda atau lingkaran hitam adalah kondisi yang sangat menyebalkan. Beberapa penyebabnya karena kurang tidur dan usia lanjut. Untuk mengatasinya, coba teteskan minyak jarak dan ke sekitar mata dan lakukan pemijitan.

Hal ini karena pemijatan dengan minyak jarak akan membuat sirklasi darah menjadi lancar sehingga kulit menjadi halus dan bisa menghambat kulit keriput di sekitar mata.

Video Terkait