Ragam Manfaat Biji Pala untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Ilustrasi biji pala (Wikimedia Commons)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 28 September 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Biji pala adalah salah satu jenis rempah-rempah yang banyak tumbuh di Indonesia bagian Timur. Biji ini memiliki ukuran yang cukup kecil, meski begitu jangan pernah anggap sepele akan biji ini. Pasalnya di dalam biji pala mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Adapun kandungannya antara lain potasium, zat besi, mangan, tiamin, folat, magnesium, tembaga, dan vitamin termasuk B1, B6, dan lainnya. Selain itu biji pala juga kaya akan kandungan karminatif, stimulan, anti-oksidan, antimikroba, anti-inflamasi, antispasmodik, psikoaktif, dan afrodisiak.

Manfaat biji pala untuk kesehatan

Secara umum, biji pala dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Ketika menambahkan sedikit saja pala akan menambah aroma dan meningkatkan cita rasa dari sebuah masakan.

Tidak hanya itu, rempah yang satu ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, seperti:

1. Meredakan nyeri sendi dan otot

Minyak atsiri esensial yang terkandung biji pala memiliki sifat anti-inflamasi seperti myristicin, elemicin, dan eugenol. Hal inilah yang membuatnya banyak dimanfaatkan sebagai pengobatan alami untuk mengobati nyeri sendi dan otot.

Caranya mudah, cukup campurkan sedikit minyak pala dengan minyak lain seperti zaitun, lalu oleskan pada area yang sakit setiap pagi dan sore hari. Selain cara ini, menambahkan biji pala ke dalam masakan juga dapat membantu meredakan nyeri.

2. Mengobati jerawat

Selain kesehatan, biji pala ternyata juga bisa untuk menyembuhkan jerawat membandel di wajah. Berkat kandungan antioksidan alami yang terdapat di dalamnya, membuat biji pala ampuh untuk melawan radikal bebas dan bakteri penyebab munculnya jerawat.

Tidak sampai disitu saja, jika kamu memiliki bekas jerawat, kamu bisa menggunakan biji untuk membantu menghilangkannya dengan membuat salep. Salep ini terdiri dari campuran bubuk pala dan madu murni dengan perbandingan yang sama.

Setelah itu oleskan pada area jerawat, lalu diamkan sampai 20 menit. Jika sudah, bilas dengan air dan lakukan secara rutin hingga bekas jerawat hilang.

3. Melancarkan pencernaan

Biasanya melancarkan pencernaan, identik dengan kandungan serat. Namun meski tidak memiliki serat, ternyata biji pala juga baik untuk sistem pencernaan. Biji ini diyakini dapat menghangatkan perut, meringankan mual, muntah, gangguan pencernaan, kembung, gas, diare, dan juga gejala-gejala penyakit Crohn.

Selain itu, pala juga membantu meningkatkan sekresi cairan lambung dan usus sehingga mengoptimalkan kesehatan dalam saluran pencernaan. Kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan menambahkan sedikit biji pala ke dalam sup atau masakan berkuah lainnya.

4. Mencegah kerusakan dan lubang gigi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, biji pala bersifat antibakteri, sehingga ia juga efektif dalam membunuh bakteri yang ada di dalam mulut. Dengan begitu kamu akan terhindar dari bau mulut dan kerusakan atau lubang pada gigi.

Kamu hanya perlu memarut beberapa biji pala dan mencampurkannya dengan sedikit minyak oregano. Aplikasikan racikan ini ketika hendak menyikat gigi dan lakukan rutin beberapa kali dalam seminggu atau kamu juga bisa meneteskan minyak pala ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

Baca Juga: Ragam Manfaat Biji Pala untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
Kelompok Tani Lampung Panen Pala Perdana Terima Manfaat Perhutanan Sosial

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan, mineral dan vitamin di dalamnya biji pala juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan sendiri mampu melawan radikal bebas yang membuat kekebalan tubuh menjadi lemah

Kandungan lainnya karena di dalam biji pala terkandung potasium, zat besi, dan mangan yang berperan penting dalam memperbaiki kekebalan tubuh. Kamu bisa menambahkan sedikit biji pala ke dalam susu, teh, atau makanan berkuah untuk menjaga kekebalan tubuh tetap kuat.

Video Terkait