Meski Tidak Populer, Buah Aprikot Miliki Manfaat yang Tak Kalah Penting

Ilustrasi Buah Aprikot (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 29 September 2022 | 20:15 WIB

Sariagri - Meski tak cukup populer, buah aprikot kini sudah mudah kamu dapatkan di pasar atau toko swalayan. Apabila dilihat dari bentuknya, buah aprikot memang cenderung mirip seperti buah persik dan plum.

Berwarna orange kemerahan dan mempunyai aroma manis serta tekstur buahnya yang lembut. Tak hanya enak dikonsumsi, manfaat buah aprikot rupanya juga baik untuk kesehatan tubuh. Diantaranya adalah dapat sehatkan mata hingga pencernaan.

Berdasarkan kandungan nutrisinya dalam buah aprikot mengandung sejumlah vitamin yang baik bagi tubuh. Diantaranya adalah vitamin A, C, E, serat, protein, kalori, karbohidrat, antioksidan dan lain sebagainya.

Tidak heran jika manfaat buah aprikot sangat baik untuk tubuh hingga bisa mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Lalu apa saja manfaat buah aprikot untuk tubuh? Berikut manfaat buah aprikot bersumber dari healthline.com, dan food.ndtv.

Baik untuk Kulit

Manfaat buah aprikot ternyata baik bagi kesehatan kulit. Hal itu karena kandungan vitamin C dan vitamin E dalam buah ini merupakan bagian dari antioksidan serta mampu menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kerusakan kulit.

Selain itu vitamin tersebut juga kerap digunakan sebagai bahan tambahan untuk berbagai perawatan kecantikan tubuh. Sebab, kedua vitamin ini dapat membantu memproduksi kolagen dan membuat kulit lebih cantik serta sehat. Termasuk melindungi berbagai masalah kulit seperti penuaan dini.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah aprikot untuk tubuh selanjutnya juga dapat menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah aprikot diyakini mampu untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit.

Selain itu dalam buah aprikot juga mengandung serat larut dan tidak larut yang berfungsi bagi sistem pencernaan. Sehingga serat tersebut dapat memberi manfaat kesehatan pencernaan dan melancarkannya.

Mencegah Dehidrasi

Mengutip dari healthline buah aprikot seberat 165 gram menawarkan 2/3 gelas air atau sebesar 142 ml. Tentunya melihat kandungan tersebut dapat membuat tubuh tetap tercukupi kebutuhan airnya apabila mengonsumsi buah segar ini.

Namun untuk mencegah dehidrasi tersebut juga diperlukan konsumsi air yang cukup agar kebutuhannya bisa terpenuhi secara maksimal.

Menyehatkan Hati

Masih mengutip dari sumber yang sama, berdasarkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa buah aprikot dapat membantu mencegah kerusakan hati karena kandungan antioksidan tinggi di dalamnya.

Termasuk untuk mencegah stres oksidatif dan melindungi kerusakan hati. Namun penelitian ini hanya diuji coba pada hewan dan membutuhkan kajian selanjutnya pada manusia.

Menyehatkan Mata

Manfaat buah aprikot untuk tubuh yang terakhir adalah untuk kesehatan mata. Dimana dalam buah ini mengandung vitamin A dan E yang diketahui sangat baik bagi kesehatan mata.

Baca Juga: Meski Tidak Populer, Buah Aprikot Miliki Manfaat yang Tak Kalah Penting
Kenali 7 Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Kualitas Sperma

Vitamin tersebut dalam sejumlah penelitian disebut bisa mengatasi gangguan penglihatan termasuk mencegah kebutaan. Sedangkan vitamin E sendiri merupakan bagian dari antioksidan yang larut dalam lemak hingga bisa melindungi kerusakan tubuh akibat paparan radikal bebas.

Zat beta karoten dalam buah aprikot juga berfungsi sebagai prekursor vitamin A. Serta ditemukan juga kandungan lutein dan zeaxanthin yang baik bagi mata.

Video Terkait