Ketahui 6 Jenis Jeruk Paling Populer di Dunia

Jeruk Ponkam. (Foto: Unsplash)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 30 September 2022 | 18:00 WIB

Sariagri - Jeruk adalah salah satu buah terfavorit di Indonesia. Pasalnya buah dengan cita rasa asam dan manis ini, tergolong mudah didapatkan. Menurut sejarah, jeruk pertama di dunia, ditemukan di daratan Papua dan New Guinea sekitar 30.000 SM.

Kemudian, buah yang satu ini tersebar ke berbagai negara di seluruh dunia. Namun dua negara yaitu Cina dan Jepang dikenal sebagai produsen jeruk terbesar di dunia.

Jenis jeruk paling populer di dunia

Jenis-jenis jeruk sangat beragam. Di dalam negeri saja, kita bisa menemukan banyak jenis jeruk, mulai dari jeruk Pontianak, jeruk Bali, hingga jeruk nipis. Namun, kesempatan kali ini kita akan mengenal jenis dan karakteristik jeruk yang paling populer di dunia.

1. Jeruk Mandarin

Jeruk Mandarin adalah jeruk yang identik dengan perayaan Imlek. Jeruk ini termasuk makanan wajib yang harus ada saat momen penting ini berlangsung.

Ciri-ciri jeruk mandarin yaitu memiliki rasa manis dan asam yang sangat minimal. Ukuran yang terbilang lebih kecil dibandingkan jeruk lainnya, dengan kulit yang longgar dan tidak menempel ke bagian buahnya. Meski dikenal dengan nama jeruk mandarin, ternyata awal mula jeruk ini ditemukan berasal dari India lho.

2. Jeruk Tangerine

Pada tahun 1800-an, jeruk tangerine pertama kali ditanam di Palatka, Florida. Nama lain jeruk ini adalah jeruk keprok dan paling banyak diimpor dari kota Tangier di Maroko.

Sekilas jeruk ini terlihat seperti jeruk mandarin. Pasalnya jeruk ini memang merupakan salah satu varietas dari jeruk mandarin. Ukurannya pun mungil, sehingga banyak yang menyebutnya dengan nama ‘baby oranges’. Soal rasa, jeruk ini cenderung manis dan tekstur kulitnya lembut dan tipis, sehingga mengupas kulitnya bukan sesuatu yang sulit.

3. Jeruk Clementine

Sama seperti jeruk tangerine, jeruk clementine masih berasal dari varietas jeruk mandarin. Penampilan jeruk clementine tidak jauh berbeda dari dua jeruk sebelumnya. Namun jeruk clementine, bisa dikatakan memiliki ukuran yang paling kecil dalam keluarga jeruk mandarin.

Mesdi demikian, jeruk ini “kecil-kecil cabe rawit’, sebab clementine memiliki rasa yang sangat manis dan tidak terdapay biji. Penampilannya juga amat cantik, sebab kulitnya sangat lembut dan glossy.

4. Jeruk Satsuma

Mendengar namanya, pasti Sobat Agri bisa menebak asal jeruk ini berasal dari Jepang. Ya, jeruk ini memang ditemukan di Jepang sejak 700 tahun lalu.

Sama seperti jeruk clementine, jeruk satsuma tidak memiliki biji. Rasanya juga cenderung manis, light, dan juicy. Jenis yang sati ini termasuk keluarga jeruk mandarin yang paling mudah dikupas, paling empuk, sehingga mudah rusak. Hal inilah yang membuatnya sulit ditemukan di pasaran.

5. Jeruk Ponkam

Jeruk populer di dunia selanjurnya adalah jeruk ponkam. Jeruk ini masih masuk dalam varietas jeruk mandarin. Saat hari raya Imlek tiba, jeruk ini sangat sering terlihat dimana-mana. Kemasannya pun terbilang unik sebab dalam setiap jeruk dibungkus oleh plastik.

Jeruk ini memiliki kulit yang sedikit puffy sehingga memudahkan kita untuk mengupasnya. Jika kamu seorang pecinta jeruk, pasti akan suka dengan jenis jeruk ini. Rasanya sangat manis dan menyegarkan dengan tekstur berair.

Baca Juga: Ketahui 6 Jenis Jeruk Paling Populer di Dunia
Jenis-jenis Jeruk Mandarin, Buah yang Identik Saat Perayaan Imlek

6. Jeruk Navel

Berbeda dari jenis sebelumnya, jeruk navel adalah jenis jeruk yang merupakan varietas dari sweet orange. Di dalam negeri, jeruk ini juga dikenal dengan nama jeruk sunkist.

Keunggulan dari jeruk ini yaitu tidak memiliki biji di dalam buahnya. Selain itu, ukurannya pun terbilang cukup besar dan kulitnya juga mudah dikupas. Alasan inilah kenapa jeruk navel bisa sangat populer di dunia.

Video Terkait