Ternyata Manfaat Biji Kedawung Tak Bisa Disepelekan, Ini Buktinya

Ilustrasi Biji Kedawung (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 5 Oktober 2022 | 17:00 WIB

Sariagri - Tanaman kedawung mempunyai banyak manfaat dan hampir semua bagian tanaman dapat dikonsumsi. Biasanya, biji kedawung mentah disangrai, lalu kulitnya dikupas dan siap untuk dimakan.

Biji kedawung mempunyai rasa renyah dan wangi. Tidak heran, banyak orang yang menjual biji kedawung siap santap. Selain bijinya hampir semua bagian tanaman kedaung bisa dikonsumsi.

Biji kedawung mengandung lemak, karbon, kalsium, kalium, fosfor, magnesium, dan besi. Selain itu, kedaung mengandung antioksidan, yakni beta karoten, lutein polifenol, vitamin C, dan vitamin E, serta mengandung antosianin (sianidin dan peonidin).

Kandungan biji kedawung ini berpotensi sebagai bahan pangan fungsional sebagai camilan sehat. Protein biji kedawung yang cukup tinggi bisa menjadi alternatif sumber protein nabati untuk pengembangan bahan pangan bagi manusia dan ternak.

Kandungan asam oleat dalam biji kedawung merupakan potensi yang baik untuk pengembangan pangan fungsional. Asam lemak tak jenuh tunggal termasuk asam oleat merupakan jenis asam lemak tertinggi yang terdapat dalam biji kedawung.

Baca Juga: Ternyata Manfaat Biji Kedawung Tak Bisa Disepelekan, Ini Buktinya
Tak Terduga, Vanili Ampuh Meringankan Sakit Kepala

Jenis asam lemak tersebut penting untuk dipertimbangkan sebagai formulasi obat, terutama digunakan dalam penyembuhan luka. Kandungan minyak biji kedawung lainnya yang dapat digunakan sebagai sumber asam lemak esensial adalah asam palmitat, miristat, dan linoleat.

Biji kedawung juga mengandung tanin atau alkaloid. Hasil analisis fitokimia kualitatif mengungkapkan adanya saponin. Ekstrak biji kedawung terbukti memiliki kemampuan untuk menginduksi apoptosis sel kanker.

Video Terkait