Sedang Naik Daun, Ini Manfaat Porang

Ilustrasi porang. (Dok.kementan)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 4 Oktober 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Tanaman porang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dalam budidaya tanaman porang, tanaman ini tergolong mudah karena sangat cocok ditanam pada lahan terbuka.

Tanaman yang memiliki nama latin Amorphophallus muelleri ini masuk ke dalam tanaman herbal. Tanaman ini adalah penghasil umbi yang banyak tumbuh di hutan tropis.

Secara fisiknya, tanaman ini tumbuh dengan batang bercorak belang hijau putih atau tangkai yang tunggal dengan tinggi yang bisa mencapai 1,5 meter. Tanaman ini hanya bisa tumbuh di bawah pohon penyangga.

Popularitas tanaman ini belakangan meningkat, banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh serta mudah diolah untuk dijadikan bahan pangan dan industri seperti bahan baku pembuatan tepung dan kosmetik.

Mengutip dari berbagai sumber, porang memiliki segudang manfaat bagi tubuh yang tersedia karena kandungan di dalamnya. Simak manfaat tanaman porang untuk kesehatan berikut ini:

1. Cocok untuk Diet dan Kaya akan Serat

Tanaman porang bisa digunakan untuk bahan tepung alternatif karena kaya akan glukomanan. Saat diolah menjadi makanan, glukomanan ini bisa dijadikan pengental alami.

Menurut studi di Obesity, A Research Journal, kandungan glukomanan bisa menurunkan berat badan karena bekerja dengan mengurangi asupan kalori yang masuk ke tubuh.

2. Mengontrol Gula Darah di Dalam Tubuh

Dikutip dari penelitian di jurnal Diabetes Research and Clinical Practice, bahwa glukomanan bisa mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Glukomanan bekerja dengan menekan produksi hormon ghrelin yang merupakan hormon pemicu rasa lapar.

Baca Juga: Sedang Naik Daun, Ini Manfaat Porang
Mengenal Tanaman Patah Tulang yang Bisa Obati Berbagai Penyakit

3. Menurunkan Kolesterol Tubuh

Dalam studi di The American Journal of Clinical Nutrition juga disebutkan bahwa tanaman porang mampu membantu menurunkan kolesterol. Kandungan glukomanan terbukti bisa menurunkan jumlah kolesterol total, trigliserida, dan LDL.

Untuk HDL (kolesterol baik) tidak terpengaruh dengan kandungan yang satu ini. Selain itu, glukomanan meningkatkan jumlah kandungan kolesterol yang nantinya akan dikeluarkan melalui feses, sehingga membuat jumlah kolesterol yang terdapat di dalam darah jadi lebih sedikit.

Video Terkait