Ini Manfaat Luar Biasa Cangkang Telur untuk Tanaman

Ilustrasi Cangkang Telur untuk Tanaman (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 4 Oktober 2022 | 22:30 WIB

Sariagri - Setelah membuat makanan dengan bahan dasar telur pasti cangkang telur berakhir di tempat sampah. Padahal, kamu bisa menyimpannya dan memanfaatkannya untuk tanaman. Cangkang telur sangat bernutrisi untuk tanaman dan biasanya digunakan sebagai pupuk alami.

Dalam laporan Master Gardeners dari Hamilton County, Tenn, melalui laman SF Gate, menyebut bahwa cangkang telur terbuat dari kalsium karbonat dan merupakan bahan utama yang banyak ditemukan dalam kapur pertanian.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat kandungan kalsium, kalium, fosfor, magnesium, dan natrium. Itu artinya, senyawa yang terdapat pada cangkang telur sangat baik sebagai pupuk alami.

Selain menyuburkan dan berpengaruh terhadap perkembangan tanaman, masih ada sejumlah manfaat lainnya. Berikut selengkapnya.

Memperbaiki Kelonggaran Tanah

Tanaman dengan media tanah yang terlalu padat akan menyulitkan air untuk masuk ke dalam tanah. Alhasil mengakibatkan genangan air pada tanaman.

Jika sampai terjadi, dapat menyebabkan kerusakan pada sistem akar tanaman. Dengan memberikan remah-remah cangkang telur sebagai campuran media tanam, ini dapat membantu melonggarkan tanah dan mencegah pembentukan kerak keras di permukaan tanah.

Selain itu, cangkang telur juga ampuh untuk meningkatkan aerasi akar, sehingga air dapat diserap maksimal dan merata ke dalam tanah.

Pengendalian Hama

Selanjutnya, manfaat cangkang telur untuk tanaman adalah sebagai pengendali hama. Meski hama membenci bau telur, hewan pengerat menyukainya. Oleh karena itu, cara ini akan lebih efektif untuk perkebunan yang luas dan tidak untuk tanaman di dalam rumah.

Pengganti Kapur Dolomit

Cangkang telur mengandung kalsium yang dapat digunakan sebagai pengganti kapur dolomit. Namun, cara ini efektif pada tanaman dengan lahan terbatas atau media tanam polybag.

Suplemen untuk Akar

Manfaat cangkang telur untuk tanaman lainnya ialah mengalirkan nutrisi ke tanaman secara maksimal. Caranya, sirami tanaman dengan pupuk cair dengan cangkang telur yang sudah dihancurkan.

Caranya, ambil lima cangkang telur lalu hancurkan hingga teksturnya menjadi bubuk. Lalu, tuang campuran air mendidih dan tutup kemudian simpan di dalam tempat yang gelap selama 1-2 minggu.

Selama proses penyimpanan, pastikan selalu mengaduk campuran tersebut setiap hari. Kemudian encerkan campuran yang sudah dihasilkan dengan air menggunakan perbandingan 1:3. Lalu, aplikasikan ke tanaman. Cara ini dapat digunakan untuk meningkatkan nutrisi pada tanaman bit, paprika, tomat, dan lainnya.

Baca Juga: Ini Manfaat Luar Biasa Cangkang Telur untuk Tanaman
Tingkatkan Produksi, Begini Cara Pengendalian Hama Tanaman Kelapa

Penyemai Benih yang Baik

Manfaat cangkang telur yang terakhir adalah sebagai penyemai benih. Hal itu karena cangkakng telur dapat terurai secara hayati. Kamu bisa menggunakannya dengan cara mencampurkannya dengan tanah.

Selain itu, cangkang telur juga bisa digunakan sebagai wadah atau media semai. Terlebih dalam cangkang telur mengandung unsur hara untuk proses pertumbuhan tanaman.

Video Terkait