Ini Mitos Lidah Mertua yang Tidak Perlu Dipercaya!

Snake Plant atau tanaman lidah mertua. (pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:30 WIB

Sariagri - Lidah mertua merupakan salah satu tanaman hias yang berasal dari anggota keluarga tanaman Lily. Tanaman dari keluarga Sansevieria ini cukup digemari lantaran bentuk dan manfaat yang dimilikinya.

Namun, sayangnya ada saja mitos yang beredar dan nyatanya mitos ini merupakan hal yang tidak benar. Padahal kenyataannya, tanaman yang disebut snake plants lantaran corak daunnya yang mirip dengan kulit ular ini merupakan tanaman ini memiliki ketahanan yang luar biasa dan mudah dalam perawatan.

Sehingga cocok untuk kamu yang mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk merawat tanaman namun tetap ingin mendapatkan manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa mitos tanaman lidah mertua yang tak perlu kamu percayai.

Menyebabkan Alergi Kepada Pemilik Rumah

Mitos tanaman lidah mertua yang pertama adalah menjadi penyebab alergi. Faktanya, tanaman ini akan menyerap racun dan melepaskan oksigen. Tanaman ini juga dapat melepaskan kelembaban di udara dan mengurangi alergen di udara.

Oleh karena itu, orang dengan alergi perlu memiliki tanaman ini di rumah karena tanaman ini adalah cara alami untuk menghindarkan dari risiko alergi kambuhan.

Tanaman lidah buaya pun bisa jadi solusi karena ia bisa menyerap polutan seperti formaldehida, xylene, toluena, dan nitrogen oksida.

Sulit Dirawat Karena Mudah Mati

Mitos tentang tanaman lidah buaya yang sulit dalam merawatnya itu adalah hal yang salah besar. Seperti yang disebutkan diatas, perawatan tanaman lidah mertua sangat mudah.

Bahkan tanaman ini dapat diabaikan selama berminggu-minggu tanpa diberi air. Namun, dengan daun yang kokoh dan bentuk, lidah buaya tetap terlihat segar.

Untuk kamu yang tak banyak waktu dan tetap ingin merawat tanaman, lidah buaya bisa jadi pilihan yang tepat. Selain itu, kamu juga bisa menempatkannya di dalam ruangan.

Dikenal Sebagai Tanaman Pembawa Sial

Mitos terakhir tentang lidah mertua adalah pembawa sial. Tentu salah jika mitos ini kamu percayai. Menurut kepercayaan masyarakat Tiongkok, tanaman lidah mertua bisa membawa energi feng shui yang sangat membantu bila dibutuhkan di area tertentu di rumah atau kantor. Ini karena tanaman ini memiliki energi pelindung yang kuat.

Mengutip artikel dari Rolling Nature, tanaman dengan ujung yang tajam seperti tanaman lidah mertua bagus untuk melindungi diri dari Chi negatif. Tanaman lidah mertua adalah ekspresi sempurna dari chi yang tumbuh ke atas. Energi kayu yang kuat memotong energi negatif atau stagnan.

Posisi terbaik untuk menempatkan tanaman di kantor atau rumah adalah tempat yang diperkaya dengan unsur kayu tanaman. Sudut tenggara, selatan, dan timur adalah tempat feng shui terbaik untuk menempatkan tanaman ini.

Baca Juga: Ini Mitos Lidah Mertua yang Tidak Perlu Dipercaya!
Kenali Penyebab Utama Daun Tanaman Hias Menguning

Orang Tiongkok biasa menanam tanaman ini di rumah mereka, sebagai tanaman rumah yang berharga. Ini karena Delapan Dewa menganugerahkan delapan kebajikan mereka sebagai hadiah, kepada semua orang yang memiliki tanaman ini.

Delapan kebajikan tersebut adalah kemakmuran, kecantikan, umur panjang, kecerdasan, kesehatan, seni, kekuatan, dan puisi. Orang Tiongkok biasanya menempatkan tanaman ini di dekat pintu masuk di dalam rumah mereka dengan tujuan memungkinkan delapan kebajikan masuk menurut para-Feng-Shui.