Keren! Petani Milenial Ini Bikin Produk Olahan dari Labu Madu

Didi Kurniasandi, petani milenisal asal Kuningan Jawa Barat (Istimewa)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:45 WIB

Sariagri - Petani milenial asal Kuningan, Jawa Barat, Didi Kurniasandi (25) sukses membangun agroeduwisata Sirungwaluh labu madu. Dalam pengembangan kebun, Didi tidak hanya fokus pada produksi labu madu, tetapi kini juga mulai mengembangkan produk olahannya.

"Labu madu segar itu masih belum familiar di masyarakat dan harganya lumayan dibanding labu biasa, kita ingin memberikan produk olahan yang bisa dijangkau oleh masyarakat luas," kata Didi kepada Sariagri, beberapa waktu lalu.

Didi mengembangkan produk olahan labu madu berupa susu labu madu yang diberi nama Wal'h Milk, puding labu dan sistik yang diberi nama produk Stikku. "Kita memberikan produk turunan yang harganya pas dikantong, namun tetap diutamakan menjadi minuman atau makanan sehat," jelasnya.

Produk olahan labu madu dari  a target='_BLANK' href='//sariagri.id/tags/20724/petani'petani/a  milenial Jawa Barat (Istimewa)
Produk olahan labu madu dari petani milenial Jawa Barat (Istimewa)

Untuk mendapatkan cara pengolahan labu madu, Didi awalnya mengikuti pelatihan di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang. Dari pelatihan tersebut ia berhasil memodifikasi labu madu menjadi bahan pangan olahan.

"Kami sudah memiliki NIB (Nomor Izin Berusaha), harapan kami usaha di bidang pertanian ini bisa terus sustainable (berkelanjutan)," katanya.

Produk olahan labu madu dari petani milenial Jawa Barat (Istimewa)
Produk olahan labu madu dari petani milenial Jawa Barat (Istimewa)
Baca Juga: Keren! Petani Milenial Ini Bikin Produk Olahan dari Labu Madu
Kisah Richard Geluti Pertanian Hidroponik, Hasil Panen Capai 1 Ton per Bulan

Didi mengaku menghadapi sejumlah tantangan saat mengembangkan produk olahan, mulai dari tantangan awal produksi hingga ke penjualan. Namun, dengan kegigihan timnya ia berhasil melewati tantangan itu.

"Tantangannya itu ketika awal pengolahan trial and error untuk mendapatkan produk yang diinginkan, karena produk kami merupakan salah satu inovasi, misalnya sisitik dari labu madu. Tantangan lainnya pernah suatu hari pas penjualan itu hanya laku beberapa," terangnya.

Video Terkait