Manfaat Tak Terduga Lidah Buaya, Ternyata Bisa Jadi Pengawet Buah dan Sayur

Ilustrasi gel lidah buaya (Istimewa)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 13 Oktober 2022 | 17:45 WIB

Sariagri - Pecinta tanaman hias tentu sudah tidak asing dengan tanaman bernama lidah buaya. Ya, tanaman yang satu ini kerap dijadikan sebagai salah satu tanaman hias. Selain membuat pekarangan rumah menjadi estetik, ternyata tanaman dengan nama latin aloe vera ini, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Tidak sampai disitu saja, tumbuhan berlendir ini mengandung gel yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan pengawet untuk buah dan sayur. Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan Daniel Valero, Ph.D. dari Universitas Miguel Hernandez di Alicate Spanyol.

Menurutnya, ketika ia meneliti kelompok anggur yang diberi lapisan gel lidah buaya dan disimpan selama lima minggu pada suhu yang rendah, dan dibandingkan dengan kelompok anggur yang tidak diberi gel pada kondisi yang sama.

Ternyata, anggur yang tidak diberi gel, menunjukkan perubahan dengan cepat dalam waktu 7 hari, sedangkan anggur yang dilapisi dengan gel terlihat lebih baik, dan lebih tahan sampai hari ke-35.

Secara tekstur, anggur yang dilapisi gel juga terbukti lebih keras, dan hanya mengalami sedikit perubahan warna dibandingkan anggur yang tidak dilapisi gel. Selain itu, anggur yang dilapisi gel juga memiliki rasa yang lebih nikmat

Para peneliti menyimpulkan bahwa gel tersebut bekerja sebagai pelindung alami dari cepatnya proses pembusukan. Gel lidah buaya mengandung beragam antibiotik dan anticendawan yang bermanfaat guna menghambat atau menghalangi mikroorganisme yang bisa mengakibatkan keracunan pada makanan yang membusuk.

Selain itu, hasil penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa gel lidah buaya mengandung komponen antifungal yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme sehingga mencegah timbulnya penyakit.

Baca Juga: Manfaat Tak Terduga Lidah Buaya, Ternyata Bisa Jadi Pengawet Buah dan Sayur
Fakta Unik Ginkgo Biloba, Fosil Hidup dari Dataran Cina

Gel lidah buaya juga mengandung anti-oksidan, salah satu bahan aditif yang dapat melindungi bahan pangan dari kerusakan karena terjadinya reaksi oksidasi lemak atau minyak. Anti-oksidan juga dapat memperpanjang umur simpan bahan pangan dengan cara melindungi bahan pangan dari deteriorisasi yang disebabkan oleh oksidan seperti ketengikan, perubahan warna, dan hilangnya nilai nutrisi.

Bahkan diketahui, gel ini juga tidak akan memengaruhi rasa atau penampilan dari buah dan sayuran sehingga tetap melindungi makanan dengan aman. Tak heran jika teknologi ini diyakini menjadi alternatif yang baik dan aman dalam proses pengawetan buah dan sayuran.