Awas! 6 Sayuran Ini Tak Dianjurkan Dikonsumsi Tiap Hari

Ilustrasi Lobak (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 18 Oktober 2022 | 12:30 WIB

Sariagri - Sayuran dikenal punya banyak nutrisi dan manfaat. Sayangnya, beberapa jenis sayuran justru tidak bisa kamu konsumsi setiap hari karena bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan.

Beberapa sayuran ini memiliki efek samping pada tubuh jika kamu terlalu sering mengonsumsinya. Seperti gangguan pencernaan hingga risiko penyakit tertentu.

Nah, apa saja sayuran yang sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa menyebabkan gas dan perut kembung karena kandungan seratnya. Dari artikel yang ditulis oleh everydayhealth.com, orang yang tidak terbiasa makan banyak serat justru bisa sakit perut, kembung, dan bisa mengalami gangguan pencernaan lainnya.

Lobak

Alangkah baiknya jika lobak tidak kamu makan setiap hari. Hal ini karena mengonsumsi lobak dapat menimbulkan beberapa gangguan pencernaan.

Lobak dapat menyebabkan masalah pencernaan, termasuk kelebihan gas dan perut kembung. Selain itu, lobak juga bekerja sebagai diuretik yang dapat menimbulkan dehidrasi.

Kentang

Seperti halnya jagung, kentang juga merupakan sayuran dengan karbohidrat tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, bisa beresiko menaikkan berat badan dan menimbulkan beberapa penyakit.

Selain itu, kentang non organik cenderung mengandung residu pestisida yang cukup tinggi sehingga dapat meracuni tubuh.

Terong

Dilansir dari mashed.com, terong menjadi salah satu jenis sayuran nightshade yang memiliki tingkat racun yang tinggi. Mengonsumsi terong secara berlebihan dapat menyebabkan peradangan dan memperburuk radang sendi.

Baca Juga: Awas! 6 Sayuran Ini Tak Dianjurkan Dikonsumsi Tiap Hari
Hari Olahraga Nasional, Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini Usai Olahraga

Selada

Selada seringkali menjadi salah satu jenis sayuran andalan pada menu salad. Tapi ternyata selada mengandung nutrisi lebih sedikit dibanding sayuran lain. Dilansir dari mashed.com, selada (jenis apapun) memiliki nilai gizi yang lebih rendah dibandingkan sayuran berdaun hijau lainnya.

Seledri

Walaupun mengunyah seledri dipercaya dapat membakar kalori secara cepat, tapi sayur ini pada dasarnya tak banyak mengandung nutrisi. Dilansir dari delish.com, justru seledri menjadi sayuran dengan jumlah pestisida tinggi, yakni bisa mencapai 68 pestisida.