Menilik Manfaat Kesehatan yang Tersimpan dari Ubi Kayu

Ilustrasi ubi kayu. (Foter.com)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Rabu, 26 Oktober 2022 | 12:30 WIB

Sariagri - Ubi kayu termasuk umbi-umbian yang merupakan tumbuhan yang biasa tumbuh di daerah tropis. Di Indonesia, ubi kayu atau yang akrab disapa singkong juga sering dijadikan makanan pokok.

Selain rasa yang sudah tidak diragukan lagi, ubi kayu memiliki sejumlah manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Sejumlah manfaat tersebut dapat dirasakan karena berbagai kandungan baik dalam ubi kayu.

Dilansir dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia, ubi kayu mengandung energi, vitamin C, protein, zat besi, lemak, kalsium, karbohidrat, dan serat.

Berbagai macam kandungan gizi dalam ubi kayu memiliki manfaatnya masing-masing dalam menunjang kesehatan tubuh. Nah, berikut ini beberapa manfaat ubi kayu untuk kesehatan.

1. Membantu Mencegah Sembelit

Ubi kayu mengandung pati resisten. Kandungan tersebut termasuk ke dalam jenis serat tidak larut yang tinggi kandungan selulosa. Serat tidak larut mampu menunjang kerja sistem pencernaan. Hal tersebut dapat membantu mencegah sembelit.

Bukan itu saja, serat tidak larut juga mampu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan, sehingga usus akan terlindung dari peradangan.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C pada ubi kayu menunjang pembentukan kolagen yang dapat mempertahankan elastisitas kulit. Nah, ubi kayu bisa menjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi guna membantu memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh.

3. Menunjang Fungsi Jaringan Tubuh

Kandungan zat besi, kalsium, fosfor, mangan, dan kalium dalam ubi kayu berperan dalam menunjang fungsi jaringan tubuh. Di samping itu, kalsium dalam ubi kayu dapat menunjang kesehatan tulang dan gigi.

Zat besi di dalamnya dapat membantu pembentukan protein. Protein dibutuhkan tubuh untuk membawa dan mengedarkan oksigen ke seluruh otot dan jaringan dalam tubuh tubuh.

Sementara itu, mangan dalam ubi kayu berfungsi untuk menunjang proses pembentukan tulang, jaringan ikat, dan hormon seksual pria serta wanita.

Sementara magnesium dan tembaga dalam ubi kayu berfungsi untuk menurunkan tekanan darah, menjaga fungsi saraf, serta menurunkan risiko osteoporosis.

4. Sebagai Penambah Energi

Dilansir dari National Library of Medicine, ubi kayu merupakan sumber energi pangan di daerah tropis. Karbohidrat dalam ubi kayu menghasilkan energi yang baik digunakan untuk menjalani aktivitas fisik berat.

Aktivitas fisik biasanya akan menguras glikogen, salah satu bentuk glukosa yang disimpan sebagai cadangan energi oleh tubuh. Ketika mengonsumsi ubi kayu, karbohidrat akan diubah menjadi glukosa lalu glikogen. Glikogen tersebut akan disimpan dalam otot sebagai cadangan energi.

Baca Juga: Menilik Manfaat Kesehatan yang Tersimpan dari Ubi Kayu
Catat! Kehebatan Singkong yang Baik untuk Penderita Rematik

5. Mengendalikan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Manfaat yang terakhir adalah membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, karena serat bekerja dengan memperlambat penyerapan gula darah ke aliran darah.

Selain membantu menurunkan kadar gula darah, serat juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal tersebut berdampak baik karena dapat menurunkan risiko obesitas dan penyakit jantung pada seseorang.