7 Jenis Buket Bunga yang Paling Populer dan Banyak Dicari

Ilustrasi buket bunga (Pxhere)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Rabu, 26 Oktober 2022 | 14:00 WIB

Sariagri - Buket bunga tangan atau hand bouquet menjadi salah satu pilihan yang populer saat ini. Biasanya buket bunga ini banyak dibeli orang ketika momen spesial seperti ulang tahun, wisuda, lamaran hingga pernikahan.

Meski terlihat mirip bahkan cenderung sama saja, ternyata buket bunga memiliki banyak tipe atau jenis berdasarkan style atau gayanya loh. Rangkaian buket bunga dari setiap model pun tidak sembarangan.

Jenis buket bunga tangan yang populer

Ada beberapa jenis buket bunga tangan yang banyak dipilih. Bahkan setiap modelnya memiliki detail dan ciri khasnya masing-masing.

Berikut ini adalah beberapa pilihan model buket bunga tangan yang bisa jadi pilihan kamu saat membelinya.

1. Buket Biedermeier

Buket Jenis buket bunga ini dinamakan dari gaya interior design asal Jerman. Pada abad ke-18, rangkaian bunga biedermeier sangat populer. Bahkan hingga kini, jenis buket ini banyak dipilih saat acara pernikahan.

Dalam buket jenis biedermeier ini, bunga-bunga disusun dengan pola melingkar. Biasanya bunga tersusun dari beberapa lapis warna, namun setiap lapis susunan bunga tetap satu warna.

2. Buket Posy

Selain buket biedermeier, ada juga jenis buket posy yang menjadi pilihan yang populer saat hari pernikahan. Ukuran buket ini cenderung kecil sehingga bisa dengan mudah dipegang meski hanya dengan satu tangan.

Pada bagian tangkai bunganya tertutup dan dibungkus pita atau kain sebagai pegangan. Namun biasanya buket ini hanya terdiri dari bunga dan tidak terdapat tangkai daun-daunan.

3. Buket Nosegay

Buket nosegay atau juga dikenal dengan nama buket mussie merupakan rangkaian bunga yang berbentuk melingkar.

Awalnya buket ini mulai dikenal pada tahun 1300-an, dimana semula digunakan untuk menghilangkan aroma tidak sedap. Hal inilah yang membuat nama buket menjadi nosegay.

Sekilas, buket ini sangat mirip seperti buket posy, namun umumnya buket nosegay menggunakan elemen tumbuhan berwarna hijau.

4. Buket Cascade

Biasanya buket jenis ini digunakan para pengantin yang ingin menampilkan pernikahannya secara mewah.

Desain buket ini menghadirkan suasana pernikahan yang dramatis dan sinematis seperti halnya di keluarga bangsawan atau kerajaan.

Tampilan buket bisa dikatakan cukup mencolok, sehingga sangat pas dipadukan dengan pengantin yang mengenakan jas dan gaun.

Sesuai namanya, cascade yang berarti air terjun, buket bunga ini banyak menarik perhatian orang karena desainnya yang mewah dengan juntaian rangkaian bunga yang menjulur ke bawah, seperti air terjun.

5. Buket Hoop

Buket hoop merupakan rangkaian bunga yang sederhana. Buket disusun dari campuran bermacam bunga dan tanaman hijau.

Kemudian semuanya digabungkan dengan menggunakan pita yang warnanya senada dengan tema pernikahan, seakan menambah sentuhan elegan.

6. Buket Balerina

Sama seperti penari balet, yang tampil memukau dan berkelas, begitulah penampakan dari buket bunga ini. Jenis buket ini mulai populer dari tahun 1940, dimana kala itu ketersediaan bunga sangat langka.

Tak heran mengapa dalam buket ini, rangkaian bunganya hanya sedikit. Biasanya dalam buket bunga ini jugaditambahkan dengan kain tulle (kain jala seperti pada kerudung) dan rangkaian pita sebagai kompensasi jumlah bunga yang sedikit.

Baca Juga: 7 Jenis Buket Bunga yang Paling Populer dan Banyak Dicari
Hasilkan Cuan, Bisnis Buket Bunga Mulai Digemari di Indonesia

7. Buket Arm Sheaf

Jenis buket arm sheaf mulai populer pada tahun 90an, ketika ramai digunakan oleh artis dan selebritis Hollywood. Buket ini memiliki ciri khas yaitu terdapt bunga yang bentuknya memanjang.

Hal ini membuat seseorang yang membawanya, harus diletakkan di bagian lengan bagian dalam seperti sedang menggendong bayi.