6 Jenis Pohon Cemara yang Banyak Tumbuh di Indonesia

Ilustrasi pohon cemara (Pxhere)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Sabtu, 29 Oktober 2022 | 09:00 WIB

Sariagri - Pohon cemara identik sebagai pohon hiasan ketika hari raya natal. Pada dasarnya, pohon cemara atau nama latinnya Casuarina Junghuhniana merupakan tanaman dari suku cemara-cemaraan.

Pohon cemara sebagian besar tumbuh di berbagai belahan dunia bagian selatan, seperti di Amerika, Eropa, Australia, Afrika dan Asia, termasuk Indonesia.

Pohon ini dikenal sebagai tanaman yang mudah dirawat dan memiliki daun yang tidak mudah kering atau rontok. Tak heran jika pohon cemara banyak digunakan sebagai tanaman hias atau dijadikan sebagai konservasi.

Jenis-jenis pohon cemara di Indonesia

Di Indonesia sendiri, setidaknya ada 6 jenis pohon cemara dengan keunikannya masing-masing. Pohon ini diperkirakan mampu hidup hingga ratusan tahun lamanya.

1. Cemara nonfolk

Sesuai namanya, cemara nonfolk adalah jenis cemara yang berasal dari Pulau Nonfolk, yaitu pulau kecil di sekitar Samudera Pasifik. Selain cemara nonfolk, cemari ini juga dikenal dengan nama ‘bintang pinus’.

Spesies ini memiliki cabang yang simetris dan mirip dengan jarum tumpul. Namun karena pertumbuhannya yang semakin meninggi, cabang-cabang cemara ini nantinya akan berubah menjadi tidak simetris.

Habitat pohon ini tumbuh subur didaerah beriklim dingin dengan kelembapan tinggi serta mendapat sinar matahari yang langsung menyinari sepanjang hari. Tahukah kamu, jenis cemara ini ternyata terkenal akan resinnya yang dapat digunakan sebagai bahan baku kosmetik.

2. Cemara pensil

Cemara pensil atau Cupressus Sempervirens merupakan jenis pohon cemara yang berasal dari daerah Mediterania. Pohon ini juga sering dijuluki “drama tree” karena akan membungkuk jika terkena angin meskipun pelan.

Ciri dari cemara pensil yaitu memiliki warna daun hijau tua yang sangat rimbun dan padat. Sementara untuk kayu dikenal kuat dengan aroma wangi. Jenis cemara ini seringkali digunakan sebagai tanaman hias dan cocok tumbuh di daerah lembap dan dingin.

3. Cemara angin

Selanjutnya ada Casuarina junghuhniana atau cemara angin. Dinamakan cemara angina karena pohon ini akan bergoyang ketika tertiup angin. Hal ini dikarenakan daun cemara ini cukup tipis dan lembut.

Jenis cemara ini merupakan salah satu pohon cemara yang paling banyak ditanam di Indonesia dan menjadi primadona penghias bangunan.

Untuk tumbuh subur cemara ini membutuhkan sinar matahari dan penyiraman teratur. Dalam pertumbuhannya, cemara angin dapat mencapai ketinggian 5 meter bahkan lebih.

4. Cemara kipas

Jenis cemara lainnya adalah Thuja Occidentalis. Namun masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai cemara kipas atau tanaman cakar ayam.

Selain kedua nama itu, cemara yang juga dikenal dengan nama Whitecedar. Pohon ini menyukai kondisi lingkungan lembap dan tumbuh subur di kawasan hutan basah dengan ketinggian 10-20 meter.

Ciri khas dari cemara kipas yaitu memiliki cabang daun mengerucut ke samping, bersisik sehingga menyerupai kipas. Biasanya kayu cemara ini dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pagar, tiang dan perahu.

5. Cemara udang

Tahukah Sobat Agri, jenis cemara yang satu ini ternyata merupakan tanaman asli dari Indonesia. Pohon cemara udang atau Casuarina equisetifolia linn, banyak dijumpai di daerah Indonesia seperti pesisir pantai selatan, Jawa Timur, dan Madura.

Baca Juga: 6 Jenis Pohon Cemara yang Banyak Tumbuh di Indonesia
Cara Mencegah dan Mengatasi Tanaman Pisang yang Terserang Layu Fusarium

Ciri khas cemara udang yaitu memiliki batang yang besar dan berkulit hitam kasar. Daun cemara udang juga berbentuk lancip mirip seperti jarum.

Umumnya, cemara ini dijadikan sebagai tanaman bonsai hias. Hal ini dikarenakan bentuknya yang indah menyerupai udang.

6. Cemara pua-pua

Jenis pohon cemara lainnya yang banyak ditemukan di Indonesia adalah cemara pua-pua.

Cemara dengan nama latin Cupressus papuanus ini, diketahui berasal dari Papua. Dalam sepanjang tahun, cemara pua-pua memiliki daun berwarna hijau tua yang berbentuk seperti tanduk rusa.

Bentuknya yang unik, membuat cemara pua pua banyak diburu sebagai tanaman hias yang menghiasi halaman rumah.