Ini 5 Manfaat Minyak Kelapa yang Berguna untuk Kesehatan

Ilustrasi minyak kelapa (Pexels/Tijana Drndarski)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 4 November 2022 | 20:15 WIB

Sariagri - Minyak kelapa sudah terkenal dengan manfaatnya yang dapat menyehatkan rambut. Selain itu, minyak kelapa juga banyak digunakan untuk pengganti minyak sawit untuk memasak karena dinilai lebih menyehatkan.

Minyak kelapa sendiri dibuat dengan mengekstrak daging buah kelapa atau santannya pada suhu tertentu, sehingga menghasilkan minyak.

Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat minyak kelapa. Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut ini.

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Otak menggunakan kandungan glukosa pada tubuh sebagai energi. Namun, jika penggunaan glukosa oleh otak terhambat, maka terjadilah kepikunan.

Untuk mencegahnya, teman-teman bisa mengonsumsi minyak kelapa. Karena, minyak kelapa mengandung keton yang bisa dijadikan sumber energi alternatif bagi sel-sel otak. Sehingga, fungsi otak kita lebih kuat dan sel otak tetap aktif bekerja.

2. Mengurangi Rasa Lapar Berlebih

Kandungan bahan kimia alami MCT, minyak kelapa bisa mengurangi rasa lapar berlebih. Penyebabnya adalah tubuh memproses lemak dengan cara yang berbeda.

Jika kita cukup mengonsumsi MCT, maka tubuh secara alami ingin mengurangi konsumsi kalori. Sehingga, berat badan bisa dikontrol atau diturunkan selama mengonsumsi makanan bergizi dan olahraga rutin.

3. Meningkatkan Kolesterol Baik

Minyak kelapa yang mengandung lemak jenuh alami, mampu untuk meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Selain itu, kandungan lemak jenuh ini bisa menekan kolesterol jahat agar tidak terlalu membahayakan kesehatan.

Jika kolesterol baik meningkat, dipercaya bisa menjaga kesehatan jantung dan kebugaran tubuh. Jadi, tidak perlu lagi mengonsumsi minyak kelapa yang sehat ini.

4. Mempunyai Efek Antimikroba

Selain mengandung suplemen alami MCT yang bisa mempercepat pembakaran kalori, minyak kelapa juga mempunyai efek antimikroba.

Hal ini karena, minyak kelapa mengandung asam laurat yang jika dicerna tubuh akan membentuk zat monolaurin. Sedangkan, menurut penelitian zat monolaurin ini bisa membantu membunuh bakteri Staphylococcus aureus.

Bakteri ini sering menginfeksi dan menyebabkan penyakit kulit impetigo, bisul, dan stafilokokus. Jadi, minyak kelapa baik untuk kesehatan kulit dan menghindarkannya dari berbagai macam penyakit kulit yang mengganggu.

5. Meningkatkan Pembakaran Lemak

Kandungan MCT (Medium-chain triglyceride), yaitu suplemen makanan yang biasanya dikonsumsi oleh para atlet. Suplemen ini diproduksi alami oleh minyak kelapa dan mampu meningkatkan pembakaran kalori.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Minyak Kelapa yang Berguna untuk Kesehatan
Selain Kurangi Rasa Lapar, Ini Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan

Sehingga, kita bisa mengeluarkan energi lebih banyak dan membakar lemak lebih banyak. Namun, bukan berarti kita bisa mengonsumsi minyak kelapa setiap hari atau secara berlebih.

Sebab, meskipun cepat membakar kalori, kandungan kalori pada minyak kelapa juga tinggi. Jadi, bisa menyebabkan penumpukan kalori dan justru membahayakan kesehatan tubuh.