Begini Cara Menyimpan Minyak Kelapa Biar Dapat Khasiatnya

Ilustrasi minyak kelapa. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 9 November 2022 | 18:45 WIB

Sariagri - Minyak kelapa diketahui menyimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Penyimpanan yang salah pada minyak nabati satu ini akan menyebabkan kandungan didalamnya menjadi rusak. Sehingga hilang semua kebaikan yang terkandung di dalamnya.

Pada minyak ini, terdapat banyak kandungan baik yang bisa digunakan bukan hanya untuk memasak tapi juga untuk campuran kopi, hingga membuat sampo.

Maka tak heran kalau minyak kelapa kini mulai banyak diminati karena kandungan baiknya untuk kesehatan tubuh. Karena itu, bila tertarik untuk menggunakna jenis minyak ini di rumah, penting untuk tahu cara penyimpanannya.

Bagi kamu yang memiliki minyak kepala di rumah, kamu disarankan untuk menyimpannya menggunakan wadah tertutup kedap udara dan ada baiknya menggunakan wadah yang berbahan kaca.

Setelah itu, pastikan meletakan minyak ini di dalam lemari yang jauh dari sinar matahari. Hal itu perlu dilakukan karena pada minyak kelapa terdapat banyak kandungan lemak jenuh yang tinggi.

Sehingga penyimpanan yang tepat akan menyebabkannya tidak berbau tengik dan aman digunakan. Udara, cahaya, dan suhu tinggi akan mempercepat proses degradasi minyak kelapa. Karena itu, simpan diruangan yang sejuk dan gelap.

Baca Juga: Begini Cara Menyimpan Minyak Kelapa Biar Dapat Khasiatnya
Kelompok Tani di Sulteng Diminta Produksi Minyak Kelapa

Bila kamu menemukan minyak kelapa mulai berbau tengik, sebaiknya jangan digunakan dan segera buang. Aroma tengik pada minyak itu adalah tanda kondisi minyak sudah buruk atau basi.

Untuk memilih minyak kelapa yang kondisinya baik, cukup pilih yang memiliki warna kekuningan, tekstur tebal, dan bau asam atau pahit.