Uniknya Bunga Kerangka yang Transparan Saat Kena Air

Ilustrasi Bunga Kerangka (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 3 November 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Bunga mungkin masih cukup asing ditelinga kita. Bunga yang satu ini adalah tanaman yang mempunyai kelopak bunga berukuran kecil dengan diameter bunga 2 centimeter dengan warna putih susu.

Benang sari dari bunga kerangka berwarna kuning cerah di bagian tengah. Sekilas nampak tidak ada sesuatu yang menarik dari bunga ini, akan tetapi keistimewaan itu muncul manakala bunga itu tersiram air.

Bunganya akan bermetamorfosis menjadi bening transparan, tembus pandang seperti kaca. Lebih uniknya lagi bunga yang biasa disebut juga dengan skeleton flower ini akan kembali ke warna asalnya ketika air di bunga itu sudah kering.

Fenomena inilah yang membuat orang semakin mengagumi keberadaan bunga kerangka ini. Lalu kenapa ya dinamakan bunga kerangka? Dinamakan bunga kerangka karena ketika basah dan transparan, akan terlihat urat-urat halus yang tampak seperti kerangka bunga ini.

Kemampuannya berubah dari warna putih menjadi transparan yang tembus cahaya itu tidak ada hubungannya dengan pigmentasi, melainkan disebabkan oleh struktur sel longgar di kelopaknya.



Bunga ini bisa dikenali dari daunnya yang besar seperti payung, itu sebabnya tanaman ini juga disebut bunga payung. Tinggi tanaman ini berkisar antara 30—70 centimeter.

Biasanya bunga ini akan mekar dari pertengahan musim semi ke awal musim panas atau dari bulan mei sampai bulan juli pada setiap tahunnya.

Baca Juga: Uniknya Bunga Kerangka yang Transparan Saat Kena Air
4 Tanaman Ini Mirip dengan Bunga Matahari



Bunga yang memiliki nama latin diphylleia grayi ini hanya bisa dijumpai di pegunungan berhutan lembab di daerah dingin, seperti Jepang, Tiongkok, dan pegunungan Appalachia di Amerika Serikat.

Hal menarik lainnya, hingga saat ini, belum ada yang bisa menjelaskan secara ilmiah kenapa kelopak bunga ini bisa berubah transparan atau menghilang ketika terkena air.
Bunga kerangka tergolong bunga yang kuat, tak mudah layu atau busuk, dan dapat bertahan hidup dalam hujan.