Ampuh Atasi Kulit Kering, Ini 3 Bahan Alami yang Bisa Kamu Gunakan

Ilustrasi alpukat. (Freepik)

Editor: Dera - Senin, 7 November 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Kulit kering merupakan salah satu masalah yang kerap dihadapi banyak orang. Selain aktivitas di luar ruang dan kekurangan mengonsumsi air putih, cuaca dingin dan suhu udara yang menurun kadang dapat menjadi salah satu penyebab munculnya masalah kulit kering.

Namun tahukah Sobat Agri, tidak perlu repot-repot ke fasilitas perawatan kecantikan, masalah kulit kering juga dapat diatasi dengan memanfaatkan beberapa bahan-bahan alami.

Jika kamu mengalami persoalan ini, berikut sejumlah tips rumahan sederhana yang dapat dilakukan guna mengatasi persoalan kulit kering dan menjaga kulit tetap lembut, sehat dan lembab:

Shea Butter

Shea butter adalah lemak alami yang diekstrak dari kacang pohon shea yang banyak tumbuh luas di sabana Afrika.
Shea butter adalah ekstrak alami yang ampuh mencegah kulit kering dan juga rambut. Ini adalah pelembab yang sangat baik yang kaya akan asam lemak.

Shea butter juga memberi nutrisi pada kulit dan juga memiliki sifat anti-penuaan. Karena teksturnya sangat kental, ambil sedikit dan gosokkan di antara tangan sampai meleleh lalu oleskan ke bagian tubuh yang kering. Cara ini akan memberi hasil maksimal apabila diterapkan setiap hari, sebaiknya sebelum tidur.

Alpukat

Melansir Egytp Today, alpukat kaya kandungan nutrisi seperti asam lemak, mineral, dan karotenoid, serta vitamin C dan E. Semua nutrisi ini bersama-sama membantu menjaga kulit tetap halus, lembab, dan akan meningkatkan elastisitasnya.

Cara terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan memotong alpukat dan mengekstrak ampasnya. Hancurkan sampai halus dalam konsistensi tanpa gumpalan dan oleskan pada kulit kering. Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Ulangi cara ini dua kali dalam seminggu.

Lilin lebah

Baca Juga: Ampuh Atasi Kulit Kering, Ini 3 Bahan Alami yang Bisa Kamu Gunakan
5 Manfaat Mengagumkan Nanas untuk Kecantikan Kulit



Lilin lebah bertindak seperti salep yang sangat baik untuk kondisi cuaca buruk yang dibawa musim dingin. Ini mengunci kelembaban di kulit. Mencampur lilin lebah dengan minyak kelapa dan minyak zaitun akan memberikan kelembaban dan hidrasi ekstra.

Rebus campuran lilin lebah dengan minyak zaitun dan minyak kelapa dengan api kecil sampai lilin lebah meleleh dan tercampur rata dengan minyak. Setelah tercampur dan sebelum mengeras, kosongkan 5 kapsul vitamin E ke dalam campuran tersebut, dan ketika sudah agak dingin, oleskan pada kulit dan pijat dengan baik. Biarkan semalaman, layaknya penggunaan body lotion.