Mengenal Cemara Balsam, Pohon Beraroma Wangi dan Kaya Manfaat

Ilustrasi cemara balsam (pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 15 November 2022 | 10:30 WIB

Sariagri -  Abies balsamea atau yang lebih dikenal dengan sebutan cemara balsam adalah pohon cemara yang berasal dari Amerika Utara, serta sebagian besar Kanada timur dan tengah.

Pohon cemara ini memiliki ukuran kecil hingga sedang yang tingginya mencapai 14–20 meter. Cemara yang sering dijadikan pohon natal ini memiliki mahkota kerucut yang sempit. Daunnya berwarna hijau tua dengan kulit pohon muda halus berwarna abu-abu.

Batang pohon cemara balsam akan mengeluarkan resin melepuh atau cenderung melepuh ketika pecah sehingga  menjadi kasar dan pecah-pecah atau bersisik ketika pohonnya menua.

Daunnya rata seperti jarum berukuran 15 hingga 30 yang tersusun secara spiral hingga pucuk daun. Daun berbentuk jarum ini umumnya akan lebih pendek dan lebih tebal ketika pohon tumbuh lebih tinggi.

Cemara balsam juga memiliki biji berbentuk panjang berukuran 40 hingga 80 mm panjang. Warnanya  ungu tua, hingga cokelat ketika buah telah tua.

Manfaat cemara balsam

Selama ribuan tahun penduduk asli Amerika menggunakan cemara Balsam untuk pengobatan dan terapi. Daunnya yang berbentuk jarum biasa dibuat teh dan terbukti banyak mengandung vitamin C dan dipercaya dapat menyembuhkan infeksi bakteri dan virus.

Sebab itu cemara balsam paling banyak digunakan sebagai bahan obat-obatan untuk mengobati penyakit batuk, pilek, radang sendi dan salep untuk mengobati luka. Resin yang keluar dari pohon cemara balsam telah lama digunakan oleh para prajurit untuk mengobati luka saat perang.

Cemara balsam cenderung tumbuh di iklim dingin, idealnya dengan suhu tahunan rata-rata 4 °C, dengan kelembaban yang konsisten di akarnya. Selain digunakan sebagai obat-obatan, cemara balsam paling populer dimanfaatkan sebagai pohon natal.

Saat ini cemara balsam yang dipotong untuk pohon natal tidak diambil dari hutan, tapi ditanam di perkebunan besar. Salah satu ekspor cemara balsam terbesar ada di Quebec, Kanada dan New England , bagian timur laut Amerika Serikat

Baca Juga: Mengenal Cemara Balsam, Pohon Beraroma Wangi dan Kaya Manfaat
6 Jenis Pohon Cemara yang Banyak Tumbuh di Indonesia

Cemara balsam sebagai pohon natal sangat disukai dari semua jenis pohon cemara lainnya.  Hal tersebut karena daunnya yang berbentuk jarum hijau sangat rapat, bentuk kerucutnya tetap alami setelah dipotong. Cemara balsam juga beraroma paling harum dari semua varietas pohon Natal.  

Di Kanada, resin dari cemara balsam sangat populer sebagai bahan pembuatan balsam Kanada. Di bidang industri, cemara balsam digunakan untuk pembuatan lem kacamata, komponen instrumen optik, dan bahan pengharum ruangan.