Ini Dia Bunga Nasional Indonesia yang Mewakili Karakter Bangsa

Ilustrasi bunga melati. (pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 15 November 2022 | 11:30 WIB

Sariagri - Indonesia dikenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa. Bahkan, panorama wisata alamnya yang membentang indah membuat Indonesia menjadikannya sebagai salah satu negara pariwisata di Asia Tenggara.

Tak heran, jika negara ini dijuluki sebagai mega biodiversity, karena sekitar 2 juta spesies bunga yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Berkat adanya kekayaan alam itu, pemerintah Indonesia menobatkan 3 bunga sebagai bunga nasional pada Keputusan Presiden Nomor 4/1993.

Melansir laman indonesia.go.id, bunga-bunga itu dianggap mewakili karakter bangsa dan negara Indonesia. Adapun tiga bunga yang dimaksud antara lain, Puspa Bangsa (Bunga Melati Putih), Puspa Pesona (Bunga Anggrek Bulan) dan Puspa Langka (Bunga Padma Raksasa).

Bunga melati putih

Bunga melati putih sebagai puspa bangsa lebih mudah dijumpai di hampir seluruh penjuru Tanah Air. Bunga ini memiliki nama latin Jasminum Sambac.

Sebagai salah satu tanaman yang terkelompok dalam perdu, melati mempunyai tinggi sekitar 0,3-3 meter. Batangnya bulat dan berkayu. Sedangkan, jenis daun bunga ini berjenis tunggal dengan tangkai daun yang pendek. Tumbuh dengan cara merambat dan sedikit berantakan dan longgar. Bunga ini banyak ditemukan di wilayah beriklim tropis dan hangat karena tanaman bunga Melati sangat menyukai cahaya matahari.

Secara filosofis, bunga melati putih yang berbau harum itu menjadi lambang kesucian dan kemurnian. Sebagaimana negara kita tercinta, dikenal dunia sebagai negara pluralis, merangkul semua perbedaan, menghormati keberagaman dan menyatu dalam persaudaraan yang begitu kuat. Dari makna filosofi ini, kita dapat tarik benang merahnya bahwa, simbol kesucian yang identik dengan warna putih adalah keyakinan dari semua golongan.

Melati dalam berbagai manfaat

Bunga melati tidak hanya sebagai tanaman hias, tapi ternyata bunga yang memiliki wangi khas ini juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Hal tersebut dikarenakan melati memiliki berbagai kandungan zat bermanfaat di dalamnya seperti indole, linalcohol, asetat benzylic, alcohol benzylic dan jasmon.

Rasa bunga melati memang sedikit pahit, tapi banyak manfaatnya untuk kesehatan. Bunga ini dipercaya dapat menurunkan berat badan. Kandungan antisidan dan Epigallocethin Gallate dianggap bisa membakar lemak. Selain itu, bunga melati juga bisa meminimalisir racun-racun dalam tubuh dan menyeimbangkan gula darah.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, bunga melati juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Mencampurkannya  dalam teh dan meminumnya rutin setiap hari dapat mencegah penuaan dini. Bukan hanya itu, campuran teh bunga melati juga dapat menghilangkan bau badan.

Simbolik melati pada tradisi Indonesia

Sudah sejak lama bunga melati punya makna penting pada tradisi Indonesia. Melati melambangkan kesucian, keanggunan dalam kesederhanaan dan ketulusan.

Selain itu bunga ini melambangkan keindahan dan kerendahan hati, karena meskipun tumbuh di semak-semak, Bunga Melati memiliki wangi yang semerbak. Dalam upacara pernikahan pada beberapa adat di Indonesia, melati menjadi salah satu elemen penting yang juga memiliki makna dalam upacara pernikahan.

Seperti upacara pernikahan adat Jawa, melati adalah salah satu dari tiga bunga sritaman. Bunga ini ditaburkan di atas air perwitosari. Melati berarti rasa melad saka jero ati, yang berarti dalam berucap dan berbicara harusnya kita selalu mengandung ketulusan dan kejernihan hati nurani yang paling dalam.

Apa yang nampak secara lahir adalah apa yang ada dalam batin. Sehingga keduanya menjadi seimbang dan kompak. Melati atau mlathi mempunyai makna filosofis bahwa setiap orang dalam bertindak kebaikan haruslah berasal dari hati, tidak hanya dilakukan secara ragawi saja.

Melati tidak hanya sebagai salah satu bunga sritaman, tapi juga seringkali dironce kuncupnya, dibentuk seperti jaring. Jaring dari roncean melati tersebut digunakan sebagai pembungkus konde dan digantung di kepala wanita.

Baca Juga: Ini Dia Bunga Nasional Indonesia yang Mewakili Karakter Bangsa
Bunga Melati, Si Cantik yang Punya Aroma Khas Menyegarkan

Selain itu, pada adat lain seperti Bugis dan Makassar juga menghiasi rambut pengantin. Kuncup melati disematkan di rambut menyerupai mutiara. Selain pada adat pernikahan, Umat Hindu Bali menggunakan melati sebagai sesajen untuk Hyang, arwah dan dewa-dewa. Bunga melati juga digunakan pada upacara pemakaman atau ziarah makam.

Potret wajah Indonesia yang begitu luas ini, tentu saja menjadi kebanggan kita semua sebagai warga negara. Bunga melati salah satunya, karakter dan kesuciannya yang dinobatkan sebagai bunga bangsa, patut kita jaga dan rawat. Bukan hanya untuk melindunginya agar tidak punah, tetapi lebih dari itu adalah karakter negara kita sebagai negara besar dengan segala keindahan yang diberikan Tuhan.