Salut, Pemuda Ini Sukses Berkebun Microgreen di Lahan Parkir Bawah Tanah

Ilustrasi microgreen. (pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 17 November 2022 | 13:45 WIB

Selalu ada jalan bagi siapa saja yang mau berusaha, itulah yang di lakukan Noah Verin, seorang mantan koki asal Sydney yang merubah sudut gelap lahan parkir bawah tanah menjadi lahan pertanian.

Lahan pertanian milik Verin tentu saja bukan lahan pertanian biasa, namun khusus sayuran microgreen yaitu sayuran muda yang dipanen saat masih berukuran 2,5 sampai 7.5 sentimeter.

Lahan parkir yang terletak di kawasan pusat bisnis Sydney ini mulai dilirik Verin sejak awal 2020 tepat sebelum pandemi virus corona melanda.

Verin saat itu menanam sekitar 40 jenis tanaman yang tumbuh di bawah lampu dan kipas angin sebagai ventilasi. Lahan pertanian microgreen Verin kemudian diberi nama Urban Green.

Pada awalnya Verin menggunakan lampu 36 watt untuk menerangi lahan pertaniannya, sekarang hanya menggunakan lampu 18 watt saja yang artinya hemat lebih dari 50 persen. Sementara media tanam yang digunakan yaitu sabut kelapa sehingga benar-benar menggunakan sumber daya terbarukan.

Baca Juga: Salut, Pemuda Ini Sukses Berkebun Microgreen di Lahan Parkir Bawah Tanah
Cara Jitu Petani Melon di Kabupaten Batang, Rancang Panen Saat Ramadhan

Hasil pertanian microgreen Verin saat ini masih dipasarkan menggunakan mobil van, namun beberapa pengiriman juga dilakukan dengan sepeda yang di rancang khusus.

Verin juga berharap bahwa kedepan pengiriman hasil pertaniannya dapat dilakukan menggunakan ebike-trailer supaya lebih ramah lingkungan. Ia juga berharap bahwa suatu hari nanti dapat lebih banyak membuka kebun di lahan parkir mobil untuk menanam tanaman jenis lain seperti cabai,stroberi dan tanaman herbal.

Sariagri -  

Video Terkait