Haru! Kisah Siswa SMA Rela Jualan Sayur Keliling Demi Biaya Sekolah

Ilustrasi sayuran (Foto: Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Sabtu, 19 November 2022 | 13:00 WIB

Sariagri - Belum lama ini tengah viral di media sosial memperlihatkanya kisah perjuangan seorang siswa bernama Adia yang rela berjualan sayur keliling demi memenuhi biaya sekolah. Hal itu ia lakukan untuk membantu ibunya yang menjadi buruh cuci dengan penghasilan yang tidak seberapa.

Melalui unggahan akun Instagram @kisahsemangat, ditampilkan perjuangan seorang siswa SMA yang harus berjalan sayur keliling sambil mengenakan seragam. Ia rela berjualan sayur keliling untuk membiayai sekolahnya sendiri.

Dalam video tersebut, terlihat sang siswa memikul pikulan yang berisi sayuran dan menawarkannya ke rumah-rumah warga. “Ia pikul sayur-sayuran dan ia jajakan sepanjang jalan menuju ke sekolah, ia lakukan semua ini karena tidak ingin putus sekolah,” tulis keterangan di dalam video.

Faktor ekonomi membuat Adia kesulitan membeli seragam. Dalam video tersebut bahwa ia hanya mempunyai satu pasang seragam. Ia memakai satu pasang seragam sekolah dan satu pasang sepatu yang dipakai untuk sekolah setiap hari.

“Tahukah Anda bahwa Adia hanya memiliki satu setel seragam sekolah dan satu pasang sepatu,” tulis keterangan video.

Setiap harinya, Adia mengumpulkan uang sedikit demi sedikit supaya bisa membeli seragam sekolah lagi. “Adia juga inisiatif buat beli seragam hasil berjualan Adia suka ngumpulin uang Rp5.000 sehari kadang Rp2.000,” Kata Adia.

Baca Juga: Haru! Kisah Siswa SMA Rela Jualan Sayur Keliling Demi Biaya Sekolah
Viral Video Bapak Tua Pikul Dagangan Sayur yang Berat, Warganet Terharu Massal

Semua yang dilakukan oleh Adia adalah dalam rangka untuk membantu orang tua. Bapaknya yang sakit dan ibunya yang hanya menjadi buruh cuci membuatnya harus ikut mencari nafkah.

“Bapak lagi sakit udah tiga tahun dan akhirnya ibu yang nafkahi keluarga. Berangkat pagi pulang maghrib paling bawa uang Rp50 ribu,” katanya.