Sederet Kandungan Nutrisi Buah Durian yang Baik untuk Kesehatan

Ilustrasi durian (Wikimedia)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 22 November 2022 | 12:45 WIB

Sariagri - Durian adalah buah yang sangat populer di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia dan Thailand. Bagi sebagian orang, aroma menyengat dari durian menjadi alasan besar mengapa buah ini tidak disukai.

Tak dipungkiri, bau durian memang begitu tajam, ditambah lagi duri tajamnya tajam bisa membuat orang tersakiti saat memegangnya.

Namun sebagian orang lagi, ada yang tak mempermasalahkan hal tersebut. Mereka menganggap buah ini tetap memiliki rasa yang nikmat dan bisa membuat ketagihan.

Harus diketahui, meski memiliki aroma menyengat, kulit berduri, dan tampilan yang tidak menarik, ternyata durian mengandung banyak nutrisi yang memberi banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan buah durian yang baik untuk kesehatan

Berikut ini adalah beberapa kandungan yang dimiliki buah durian dan memberi manfaat bagi tubuh.

1. Sumber karbohidrat

Durian merupakan sumber karbohidrat terbaik. Dalam satu porsi atau 243 gram buah durian mengandung karbohidrat sekitar 20 persen dari kebutuhan harian. Oleh sebab itu bagi orang yang sedang menjalankan diet banyak yang menghindari buah ini.

Namun beberapa kalangan sepertinpelari, atlet, dan beberapa orang yang mencari tambahan asupan energi, buah durian sangat direkomendasikan sebagai sumber karbohidrat untuk tubuh.

2. Sumber serat

Selain karbohidrat, buah durian juga merupakan sumber serat yang cukup tinggi. Dalam 243 gram durian setidaknya mengandung serat sekitar 9 gram.

Jumlah ini dapat memenuhi sekitar 37 persen kebutuhan serat harian, yang berdasarkan kebutuhan 2000 kalori.

3. Sumber lemak dan kalori

Dalam satu porsi durian mengandung sekitar 350 kalori dan 13 gram lemak. Namun lemaknyang terkandung pada durian termasuk lemak baik. Tak heran jika buah ini baik untuk memberikan energi bagi tubuh.

Meski begitu, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi durian dalam jumlah yang berlebihan. Sebab besarnya kandungan lemak dan kalori buah ini bisa menaikkan berat badan dan meningkatkan risiko obesitas.

4. Sumber vitamin C dan vitamin B

Durian juga dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin C dalam jumlah yang tinggi. Dengan mengonsumsi durian itu berarti kamu akan mendapatkan asupan vitamin C.

Peran vitamin C sendiri sangat penting dalam tubuh, karena bisa mencegah penyakit, menyembuhkan luka, menurunkan kolesterol, dan memperbaiki aliran darah.

Selain vitamin C, buah yang satu ini juga mengandung vitamin B yang memberi manfaat dalam m mencegah penuaan dini dan serangan jantung.

5. Sumber zat besi dan mineral lain

Diketahui, buah berduri ini juga merupakan sumber zat besi dan tembaga. Keduanya sangat dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sel darah merah yang baru.

Selain itu, durian juga mengandung mangan yang berperan untuk membuat kulit dan tulang menjadi lebih kuat.

Bahkan, di dalam buah yang satu ini juga terkandung potasium yang dapat menjaga tekanan darah, kadar garam darah, dan detak jantung.

Baca Juga: Sederet Kandungan Nutrisi Buah Durian yang Baik untuk Kesehatan
Ophiopogon Japonicus, Tanaman Hias yang Berfungsi Jadi Tanaman Herbal

6. Sumber tryptophan dan thiamin

Kandungan tryptophan dalam durian jumlahnya cukup banyak. Hal ini membuat tubuh menjadi merasa cepat mengantuk setelah selesai mengonsumsinya.

Selain itu, durian juga mengandung thiamin yang membantu tubuh dalam mengolah karbohidrat menjadi energi.

7. Sumber asam folat

Dikutip dari laman Lifehack, durian juga mengandung senyawa lain seperti asam folat. Folat ini akan membantu mencegah sakit jantung dan memperbaiki fungsi otak. Manfaat lainnya yaitu mendukung perkembangan janin bagi ibu hamil.