Ini 7 Sayuran yang Baik Membantu Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi brokoli. (Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 23 November 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Sayuran yang bagus untuk diet cenderung rendah kalori dan menawarkan serat yang mengenyangkan. Selain itu, sayuran yang bagus untuk diet juga bisa membantu mengurangi keinginan untuk makan camilan.

Dilansir dari seperti dilansir dari Food Network, kandungan air dari sayuran yang bagus untuk diet juga bisa meningkatkan volume makanan.

Jika sayuran yang bagus untuk diet bisa membuatmu kenyang lebih lama. Bahkan beberapa sayuran yang bagus untuk diet memiliki manfaat baik lainnya untuk turun berat badan.

Beragam jenis sayuran, khususnya sayuran hijau, sangat rendah kalori dan karbohidrat namun kaya akan serat. Sayuran juga sangat tinggi vitamin, antioksidan, mineral, dan kalsium, yang tak hanya bagus untuk diet, tapi juga mengoptimalkan kesehatan secara keseluruhan.

Nah, berikut ini beberapa sayuran yang bantu turunkan berat badan dan cocok dikonsumsi saat diet.

1. Brokoli.

Sayuran hijau brokoli ini sangat rendah kalori dan cocok untuk kamu yang sedang diet. Selain itu, brokoli mengandung serat yang baik dalam membantu menurunkan berat badan dan melancarkan pencernaan. Brokoli juga tinggi vitamin K yang bermanfaat menjaga kepadatan tulang.

2. Bayam.

Sayuran yang satu ini merupakan sumber serat dan rendah kalori. Sayur bayam ini dapat kamu konsumsi dengan diolah menjadi masakan atau kamu buat jus maupun salad. Sayur bayam dapat kamu olah menjadi sayur bening, tumis bayam atau kamu buat omelete campur dengan telur.

3. Kale

Kale merupakan sayuran yang sangat rendah kalori tetapi masih dapat membantu merasa kenyang karena kandungan air yang tinggi.

Seperti sayuran berdaun hijau lainnya, kale bebas lemak dan mengandung sedikit kalori. Selain itu, kale juga mengandung vitamin A, K, C, B6, kalsium, kalium, dan magnesium yang sangat dibutuhkan tubuh.

4. Asparagus

Sayuran yang bantu turunkan berat badan selanjutnya adalah asparagus. Sayuran ini kerap dijumpai dalam berbagai menu diet rendah kalori karena bercita rasa manis dan bertekstur renyah.

Tak cuma itu, asparagus sangat tinggi serat tidak larut, yang membantu melancarkan buang air besar secara teratur dan menjaga kesehatan pencernaan, mengutip Healthline.

5. Sawi hijau

Sawi hijau atau caisim merupakan sumber kalsium, zat besi, dan vitamin A dan C yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus melindungi tubuh dari kerusakan sel.

Baca Juga: Ini 7 Sayuran yang Baik Membantu Menurunkan Berat Badan
Jaga Hidrasi Tubuh, Ini 8 Sayuran yang Baik Dikonsumsi Saat Cuaca Panas

Sayuran berdaun hijau ini juga tinggi serat yang bermanfaat menyehatkan pencernaan dan bagus dikonsumsi selama diet.

6. Selada.

Sayur daun selada ini banyak dikonsumsi secara mentah dengan dibuat salad. Rasanya yang renyah dan kandungan akan serat, kalium, zat besi yang tinggi dan tentu rendah kalori.

7. Kol.

Sayur kol merupakan sayur sumber nutrisi untuk diet yang tinggi akan antioksidan. Sayur kol ini dapat kamu konsumsi sebagai salad maupun di tumis.

Video Terkait