Begini Cara Membedakan Jagung Manis dengan Jagung Biasa

Ilustrasi jagung. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 23 November 2022 | 14:30 WIB

Sariagri - Sudah menjadi rahasia umum jika jagung merupakan sumber karbohidrat yang yang baik untuk tubuh. Tak heran jika banyak orang yang menjadikan jagung sebagai makanan yang dapat menggantikan nasi. Tak hanya itu, jagung juga kaya akan nutrisi seperti protein, serat, dan beberapa vitamin lainnya.

Banyak orang yang menjadikan jagung manis menjadi beberapa menu olahan yang lezat. Ada yang dibakar, dikukus, direbus, atau menjadi campuran makanan lainnya.

Agar masakan lebih terasa nikmat, biasanya kebanyakan orang lebih memilih menggunakan jagung manis.

Akan tetapi, untuk mendapatkan cita rasa manis dan nikmat, kamu perlu pandai dalam memilih jagung. Ada beberapa ciri-ciri yang perlu diperhatikan saat memilih jagung manis. Jagung manis sendiri adalah jagung yang dipanen muda.

Lantaran bentuknya yang hampir sama, kebanyakan orang tak terkecoh untuk membedakan kedua jenis jagung ini. Tak jarang, jagung yang diolah menjadi masakan malah jagung biasa. Alhasil rasa makanan yang dihasilkan berkurang kenikmatannya.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah warna dan ukuran jagung. Biasanya, jagung manis memiliki warna kuning yang cerah dan merata. Jika terdapat bagian yang berwarna putih, itu menandakan jagung biasa.

Selain itu, bentuk jagung manis juga lebih kecil serta tertata rapi. Jika diperhatikan, hampir tidak ada bagian yang kosong pada isian jagung.

Baca Juga: Begini Cara Membedakan Jagung Manis dengan Jagung Biasa
Tak Disangka! Kulit Pisang Ternyata Punya Manfaat Untuk Bersihkan Sepatu

Tak hanya itu saja, jagung manis juga memiliki bunga betina atau biasanya disebut dengan rambut jagung berwarna putih kekuningan.

Sedangkan jagung biasa memiliki rambut jagung berwarna cokelat. Tongkol jagung manis pun berukuran lebih kecil jika dibandingkan jagung biasa.

Video Terkait