Gak Terkecoh, Begini Cara Mudah Memilih Melon yang Sudah Matang

Ilustrasi melon. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 25 November 2022 | 17:45 WIB

Sariagri - Melon merupakan salah satu buah yang menyegarkan dan sangat cocok untuk menjadi pencuci mulut. Banyak orang yang menyukai melon lantaran tekstur buahnya yang juicy dan rasanya yang manis.

Selain itu, buah yang berwarna hijau muda ini kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari healthline.com, selain kaya kandungan air, buah melon juga punya protein, lemak, karbohidrat, serat, kalium, serta aneka vitamin.

Lengkapnya kandungan yang ada pada melon, jadi tidak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi buah satu ini. Banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu dapat dari buah melon.

Misalnya saja seperti mencegah dehidrasi, menurunkan tekanan darah, melancarkan sistem pencernaan, hingga memperkuat sistem imun tubuh. Tak hanya itu, melon juga bisa dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi aneka minuman menyegarkan.

Sayangnya, masih banyak yang belum tahu cara memilih melon yang benar-benar matang. Alih-alih mendapatkan rasa manis, kalau masih mentah melon justru hambar dan teksturnya keras. Apalagi kalau salah pilih melon yang terlalu matang, jadi mudah busuk saat disimpan.

Nah, kamu perlu memperhatikan apa saja sih ciri-ciri kalau melon sudah matang dan rasanya manis. Simak ulasan lengkapnya.

1. Pilih melon yang memiliki warna hijau kekuningan. Warna kulit tersebut menandakan sudah benar-benar matang.
Tanpa membukanya, ini 5 trik memilih melon yang matang dan manis

2. Sentuh permukaan kulit melon. Pilih yang memiliki tekstur kasar. Hal ini menandakan buah melon memiliki cita rasa manis.

Baca Juga: Gak Terkecoh, Begini Cara Mudah Memilih Melon yang Sudah Matang
5 Kombinasi Buah Ini Beri Kamu Sarapan Sehat

3. Cium aromanya. Jika sudah wangi dan kuat, tandanya melon sudah matang secara sempurna, otomatis dagingnya pun terasa manis.

4. Lihat dari bagian pangkalnya. Pilih melon yang memiliki pangkal yang cekung ke dalam.

5. Jika ada dua melon berukuran sama, pilih yang memiliki bobot lebih berat. Hal itu menandakan melon benar-benar sudah tua.

Video Terkait