6 Manfaat Ini Hanya Kamu Dapat dari Ekstrak Biji Anggur

Ilustrasi Biji Anggur (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 24 November 2022 | 13:00 WIB

Sariagri - Anggur adalah tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Melansir dari heathline, dari segi kesehatan, buah anggur sangat baik dalam membantu mempercepat proses metabolisme di dalam tubuh karena kandungan senyawa polifenol dan resveratrol-nya.

Konon, buah anggur sudah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah.Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir.

Penyebaran buah ini berkembang semakin pesat dengan adanya perjalanan Colombus yang membawa buah ini mengitari dunia.

Ketika buah ini sudah tersebar ke berbagai negara, barulah ditemukan cara baru mengolah anggur menjadi minuman dan hingga saat ini orang terus berkreasi menemukan produk-produk baru dari buah anggur.

Misalnya, ekstrak biji anggur yang sangat baik untuk kesehatan. Perlu untuk kamu ketahui, tidak hanya buahnya saja loh yang memiliki manfaat, biji anggur sendiri diketahui memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak informasi selengkapnya dibawah ini:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Dalam studi The British Journal of Nutrition yang dilakukan pada 29 orang dewasa dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa mengonsumsi 300 mg ekstrak biji anggur setiap hari menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 5,6% dan tekanan darah diastolik sebesar 4,7%.

Dengan demikian, suplemen ekstrak biji anggur mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat jika memiliki masalah tekanan darah tinggi.

2. Mengatasi Komplikasi Diabetes

Dalam Journal of the British Diabetic Association yang dilakukan pada 32 pasien diabetes tipe 2 dengan risiko kardiovaskular tinggi, peserta mengonsumsi 600 mg ekstrak biji anggur atau plasebo setiap hari selama empat minggu.

Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur secara signifikan meningkatkan penanda peradangan dan glikemia. Penulis penelitian pun mengatakan bahwa ekstrak biji anggur mungkin memiliki peran terapeutik dalam mengurangi risiko kardiovaskular.

3. Mencegah Stroke

Menurut hasil penelitian, biji buah anggur terbukti memiliki kandungan mineral, seng dan mangan yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Biji anggur mengandung endungeoned pycnogenol, yaitu zat penguat kolagen yang bisa menjaga kelenturan pembuluh darah. Kelenturan pembuluh darah sangat penting untuk mencegah gejala stroke.

Endungeoned pycnogenol berperan penting melenturkan pembuluh darah yang rentan terjadi pembekuan. Oleh sebab itu, konsumsi zat jenis ini sangat baik untuk mencegah risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang mengakibatkan stroke.

4. Mendukung Kesehatan Otak

Senyawa fenolik dalam ekstrak biji anggur, terutama oligomer proanthocyanidin complexes (OPCs), catechin, epicatechin, procyanidins, asam galat, dan gallocatechin dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak secara keseluruhan.

Dalam Journal of Frontiers in Pharmacology yang dilakukan selama 12 minggu pada 111 orang dewasa yang lebih tua yang sehat, menemukan bahwa mengonsumsi 150 mg ekstrak biji anggur setiap hari dapat meningkatkan perhatian, bahasa, dan memori langsung dan tertunda.

Untuk diketahui, kelompok protein beta-amyloid di otak adalah karakteristik penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer.

5. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Tulang bukan hanya berfungsi sebagai penyokong tubuh, namun juga sebagai tempat melekatnya otot, perlindungan organ penting dan sel-sel darah, dan sebagai tempat penyimpanan mineral dan energi.

Jika kesehatan tulang terganggu maka peredaran sari makanan dan oksigen ke seluruh tubuh juga akan terganggu. Manfaat biji anggur mengandung banyak kalsium yang baik untuk memelihara kekuatan tulang.

Manfaat luar biasa ini tentunya sangat baik dikonsumsi kaum Hawa, sebab wanita memiliki risiko lebih besar terserang penyakit keropos tulang atau osteoporosis.

6. Mencegah Metastasis dan Invasi Sel Kanker

Manfaat biji anggur yang paling terkenal adalah dapat mencegah invasi dan metastasis sel kanker dalam tubuh. Invasi adalah proses penjalaran sel tumor ke daerah di sekitarnya sehingga menimbulkan kerusakan pada jaringan di sekeliling organ yang terjangkit kanker.

Adapun metastasis merupakan invasi sel tumor dalam jarak yang lebih jauh lagi sehingga memungkinkan tumbuhnya sel tumor yang sama di tempat yang baru.

Baca Juga: 6 Manfaat Ini Hanya Kamu Dapat dari Ekstrak Biji Anggur
Tak Disangka, Makan Buah Ini Setiap Hari Bisa Bikin Panjang Umur

Dr. Masquelier, seorang ilmuwan asal Perancis, menemukan zat antikanker berupa proanthocyanidins dalam biji buah anggur. Proanthocyanidins terbukti ampuh menangkal radikal bebas 20 kali lipat lebih efektif dari vitamin C dan 50 kali lipat dari vitamin E.

Mengonsumsi ekstrak biji anggur juga dianggap lebih aman dari konsumsi suplemen antioksidan dari vitamin A dan E karena bisa terlarut dalam air. Selain itu, zat yang terkandung dalam biji dalam membunuh sel-sel kanker tanpa membunuh sel yang sehat.

Video Terkait