Meski Mungil, Konsumsi Buah Ceri Ternyata Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur

Ilustrasi buah ceri. (Pixabay)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 24 November 2022 | 19:15 WIB

Sariagri - Ceri adalah buah mungil berwarna merah yang kaya nutrisi. Buah ini kerap kali digunakan sebagai hiasan atau toping dalam penyajian kue-kue manis.

Meski berukuran kecil dan rasanya sedikit asam, buah dengan nama latin Prunus cerasus L. dan Prunus avium L ini, mengandung banyak nutrisi yang memberi manfaat bagi kesehatan.

Diketahui, di dalam ceri terdapat kandungan serat, vitamin, dan mineral, termasuk potasium, kalsium, serta asam folat. Kira-kira apa saja manfaatnya untuk tubuh, berikut penjelasannya.

Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan

1. Mengurangi tekanan darah

Berdasarkan hasil penelitian dari British Journal of Nutrition, ditemukan bahwa dengan mengonsumsi jus ceri dapat mengurangi tekanan darah. Hal ini dikarenakan kandungan polifenolnya yang tinggi di dalamnya.

2. Mempercepat pemulihan usai olahraga

Tak hanya itu, hasil penelitian juga mengatakan jika minum jus ceri yang asam selama tujuh hari sebelum dan selama melakukan lari berat terbukti ampuh mempercepat pemulihan fungsi otot dan meminimalisasi nyeri otot pasca-lari.

3. Mengurangi sakit asam urat

Jika minum jus ceri selama dua hari berturut-turut, bisa menurunkan risiko serangan asam urat. Bahkan para peneliti menyarankan untuk mengonsumsinya selama empat bulan untuk mengurangi serangan akut.

Sementara bagi yang kondisinya sehat, jus ceri mampu menurunkan kadar asam urat yang ada dalam darah.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Buah ceri mengandung kadar asam yang cukup tinggi. Selain itu kandungan fitokimia utama dan melatonin di dalamnya juga berperan penting dalam mengatur siklus tidur manusia.

Oleh sebab itu, jus ini sangat baik diberikan untuk mereka yang memiliki masalah atau gangguan tidur, insomnia serta mampu meningkatkan kualitas dan durasi tidur.

Baca Juga: Meski Mungil, Konsumsi Buah Ceri Ternyata Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur
Meski Mungil, Konsumsi Buah Ceri Ternyata Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur

5. Mengatasi radang sendi

Buah ceri kaya akan antioksidan atau juga dikenal sebagai antosianin dan sianidin. Kandungan ini memberi efek antiinflamasi.

Berdasarkan penjelasan dari berbagai penelitian, antioksidan sendiri merupakan senyawa baik yang berperan penting untuk melindungi sel-sel yang ada di dalam tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Video Terkait