Bukan Sekadar Bumbu Masakan, Ini Manfaat Kapulaga bagi Tubuh

Ilustrasi kapulaga. (pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 24 November 2022 | 15:30 WIB

Sariagri -  Kapulaga adalah rempah-rempah dengan rasa yang kuat dan sedikit manis. Rempah ini berasal dari India dan sudah mudah ditemukan di penjuru dunia.

Tak hanya digunakan dalam resep masakan manis dan gurih. Biji, minyak dan ekstrak kapulaga dianggap memiliki khasiat obat yang mengesankan dan telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad.

Berikut 5 manfaat kapulaga bagi kesehatan, seperti dirangkum dari NDTV Food:



Menyembuhkan batuk dan pilek

Kapulaga mengandung antioksidan. Ada dua jenis kapulaga, hijau dan hitam. Menurut Ahli Gizi yang berbasis di Bangalore, Dr. Anju Sood, kapulaga hitam membantu menyembuhkan pilek dan batuk serta masalah pernapasan tertentu. Rendam beberapa polong dalam air bersama dengan madu dan minum teh kapulaga ini sebagai obat alami yang efektif untuk flu.

Membantu pencernaan

Karena aromanya yang kuat, kapulaga membantu mengaktifkan rasa dan elemen sensorik sehingga membantu pencernaan. Ini memungkinkan sekresi enzim yang efektif untuk pencernaan terutama jika dikonsumsi setelah makan berat. Kapulaga baik untuk menyembuhkan masalah perut seperti gangguan pencernaan, gas dan sembelit. Kapulaga mengandung bahan kimia yang diketahui dapat meningkatkan pergerakan makanan melalui usus.

Baca Juga: Bukan Sekadar Bumbu Masakan, Ini Manfaat Kapulaga bagi Tubuh
Catat! Ini Rempah-rempah yang Bisa Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak



Melancarkan sirkulasi darah

Kapulaga dikenal dapat melancarkan sirkulasi darah di tubuh dan terutama ke paru-paru sehingga sering digunakan sebagai obat alami untuk gangguan pernapasan.

Mengatur kadar gula darah

Kapulaga hitam sering disebut-sebut sebagai obat yang efektif untuk mengobati kadar gula darah tinggi. Rempah-rempah ini kaya akan mangan yang membantu dalam mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Selain mendukung penurunan berat badan, Kapulaga meningkatkan metabolisme energi dan membantu tubuh membakar lebih banyak lemak secara efisien. 

Video Terkait