Peneliti Ungkap Genre Musik Ini Bikin Anak Doyan Makan Sayur

Tips Agar Si Kecil Mau Makan Sayur

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 24 November 2022 | 18:30 WIB

Sariagri - Makanan sehat dan kaya nutrisi merupakan asupan penting bagi tumbuh kembang anak. Maka dari itu, anak-anak pada usia pertumbuhan disarankan untuk makan sehat terutama sayuran. Tentu hal ini bukanlah sesuatu yang mudah dituruti oleh mereka. Mengingat, anak-anak pada umumnya akan lebih menyukai makanan yang manis-manis.

Belum lama ini para peneliti berhasil membuktikan sebuah trik agar anak-anak menyukai makan sayur. Ketika jam makan tiba, mereka akan disuguhi musik untuk merangsang anak-anak jadi suka makan sayur.

Melalui penelitian yang melibatkan Profesor Spece, seorang ahli dalam mencocokkan makanan dan musik, telah memberi label teknik 'bumbu sonik'. Meski terdengar asing, namun ada beberapa jenis lagu dengan genre menarik yang menjadikan penelitian ini berhasil membuahkan teori.

Para peneliti menemukan bahwa orang-orang mengalami makanan sekitar lima persen lebih manis saat mendengarkan soundtrack dengan rasa manis. Begitu pula sebaliknya jika dibandingkan dengan soundtrack dengan rasa manis yang rendah, dikutip dari MetroUK.

Peneliti meminta meminta 106 anak untuk menilai makanan yang berbeda sambil mendengarkan berbagai jenis musik. Para sukarelawan memakan menu sayuran seperti wortel, mentimun, serta dua jenis biskuit sementara soundtrack yang diambil dari database penelitian yang sebelumnya dinilai 'manisnya' diputar untuk mereka.

Ada beberapa judul musik ini yang tak banyak orang tahu. Musik seperti Satie's Trois Gymnopédies No.2 Lent et triste, Camille Saint Saens-Carnival of the animals berjudul Aquarium, dan track ketujuh dari band musik klasik Mike Oldfield's Bells.

Baca Juga: Peneliti Ungkap Genre Musik Ini Bikin Anak Doyan Makan Sayur
Kasus COVID-19 Menanjak, Ini 4 Sayuran yang Baik Jaga Imun Tubuh

"Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan bahwa memasang sensorik ekstrinsik, yaitu musik, dapat membantu mengurangi asupan gula dengan meningkatkan penerimaan produk dengan kandungan gula yang lebih rendah," tulis tim peneliti dalam makalah penelitian mereka yang diterbitkan dalam jurnal Food Quality and Preference.

Seperti diketahui, anak-anak memang tempatnya suka dengan rasa manis. Meskipun bermain musik tidak sama dengan menambahkan gula ke makanan, genre musik lawas yang dipilih tersebut jadi strategi khusus agar membuat persepsi sayuran jadi terasa manis saat dikonsumsi.

Video Terkait