Biasa Dibuang, Ternyata Biji Alpukat Punya Segudang Manfaat

Ilustrasi alpukat.(pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Yoyok - Jumat, 2 Desember 2022 | 20:45 WIB

Sariagri - Sayang banget, selama ini kita selalu membuang biji alpukat ketempat sampah. Padahal tidak hanya daging buah alpukat saja yang kaya akan manfaatnya, biji buah alpukat ternyata juga menyimpan kebaikan, loh.

Biji buah alpukat yang cukup besar itu bisa dijadikan obat herbal untuk beberapa masalah kesehatan. Bahkan orang dengan kondisi sehat juga bisa mengonsumsinya untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit.

Perlu kamu ketahui, jika terdapat kandungan banyak asam lemak, serat, karbohidrat, hingga protein pada biji alpukat. Bahkan ada juga kandungan antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh.

Untuk memanfaatkan biji buah ini pun cukup mudah, karena cukup menyeduhnya atau dicampurkan dengan bahan makanan lain. Agar semakin yakin untuk mengolah biji buah ini, berikut akan dijelaskan beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari biji ini.

1. Antijamur

Dalam sebuah penelitian , biji alpukat memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan jamur. Penelitian terhadap tabung reaksi tersebut mengungkapkan bahwa biji alpukat dapat menghambat jamur Candida albicans.

Jamur ini sendiri merupakan jamur yang sering menyebabkan masalah pada usus. Jadi secara tidak langsung, mengonsumsi biji buah alpukat juga bisa menjaga kesehatan organ pencernaan.

2. Mengontrol Gula Darah

Menurut sebuah studi, biji alpukat juga dapat menurunkan kadar gula darah pada tikus yang mengalami diabetes. Dalam penelitian terhadap tikus tersebut terbukti bahwa biji alpukat dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah tikus.

Hal ini lantaran ditemukannya kandungan phytochemical bioaktif yang mampu menurunkan resiko diabetes. Jadi biji buah ini bisa menjadi obat yang pas untuk pasien diabetes.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Masyarakat di Nigeria sudah mempercayakan biji alpukat untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Biasanya masyarakat Nigeria mengonsumsi biji alpukat dalam bentuk bubuk.

Dalam sebuah studi, biji buah alpukat menunjukan adanya pengenduran pembuluh darah. Hal ini berarti, biji alpukat dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang menjadi faktor utama penyebab penyakit jantung.

4. Cegah Alzheimer

Pada biji alpukat, ditemukan kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan tersebut akan membantu dengan mencegah paparan radikal bebas pada otak.

Sehingga penyakit yang menyerang otak seperti alzheimer yang disebabkan oleh stres oksidatif. Masalah stres oksidatif ini bisa membuat sel-sel pada otak mengalami kerusakan akibat serangan bahan kimia seperti radikal bebas.

5. Bantu Mengobati Kanker

Para peneliti juga menemukan bahwa kulit biji alpukat mengandung berbagai senyawa kimia yang dapat membantu membunuh virus, memerangi masalah jantung, dan bahkan mengobati kanker.

Dalam sebuah konferensi yang diadakan di Washington DC, Amerika Serikat bertajuk 254th National Meeting & Exposition of the American Chemical Society, para peneliti mengungkapkan temuannya tersebut.

Baca Juga: Biasa Dibuang, Ternyata Biji Alpukat Punya Segudang Manfaat
Intip 6 Manfaat Alpukat untuk Program Hamil, Dapat Tingkatkan Kesuburan

Para peneliti mengidentifikasi 116 senyawa dalam minyak kulit biji alpukat yang sebagian besar dapat bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa senyawa yang diidentifikasi antara lain behenyl alcohol, dodecanoic acid, dan heptacosane.

Behenyl alcohol ini biasa digunakan dalam pengobatan antivirus, sedangkan dodecanoic acid dikenal untuk meningkatkan kolesterol baik, dan heptacosane berguna untuk membunuh tumor.