Jali, Alternatif Pangan Pengganti Nasi

Jali Pengganti Beras (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 29 November 2022 | 19:45 WIB

Sariagri - Beras sudah menjadi makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Nah, penting untuk kamu ketahui, sebenarnya ada loh bahan makanan alternatif yang bisa menggantikan nasi yaitu jali.

Jali merupakan tanaman yang masih tergolong sebagai padi-padian atau serealia. Tanaman ini juga bisa ditanam pada iklim tropis.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Coix lacryma-jobi ini bentuknya seperti biji-bijian, hampir mirip dengan kacang tanah. meski lebih mirip dengan kacang tanah namun, mengolah jali sama caranya dengan nasi.

Jika sudah matang, tekstur jali juga lembut, lengket, dan kenyal. Menariknya rasa jali terasa seperti nasi dengan yang dicampurkan rasa kacang.

Menurut beberapa peneliti, tanaman jali dapat dijadikan alternatif pangan dalam menghadapi pemanasan global. Waktu panennya juga bisa mencapai 3 kali dalam setahun lebih banyak ketimbang padi.

Selain itu, jika padi hanya bisa bertahan di suhu 30 derajat, sementara tanaman jali di suhu 40 derajat produksinya bisa semakin banyak.

Dari berbagai literasi yang ditelusuri, jali sudah menjadi sumber makanan masyarakat pedalaman Kalimantan Timur, khususnya masyarakat Dayak.

Selain itu, sebenarnya jali juga cukup populer dikalangan masyarakat Betawi. Konon, dulunya banyak orang Betawi yang menanam jali sebagai sumber pangan.

Baca Juga: Jali, Alternatif Pangan Pengganti Nasi
Hambat Produksi, Begini 5 Cara Menangkal Hama Keong Mas

Di Indonesia, saat ini jali terdapat empat varietas, antara lain mayuen, agrotis, aquatic, dan palutris. Adapun kandungan nutrisi dalam jali seperti karbohidrat, protein, lemak, kalsium.

Meski karbohidrat jali lebih rendah dari nasi, namun proteinnya justru lebih tinggi. Karena itu, bahan pokok ini lebih sehat terutama untuk pasien diabetes atau pelaku diet sehat.