Awas Tertelan, 5 Buah ini Memiliki Biji Beracun

Ilustrasi tanaman buah pir. (Foto: Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 29 November 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Meski mengonsumsi buah merupakan salah satu untuk menjalani pola makan yang sehat, namun ada baiknya untuk diperhatikan lagi dalam mengonsumsinya.

Sebab, ada beberapa jenis buah yang dimana adanya racun pada bijinya. Terlebih jenis buah-buahan ini memiliki biji yang berukuran kecil dan bisa saja tertelan tanpa sengaja.

Oleh karena itu, penting untuk memotong dan menghilangkan bagian biji. Hal ini jelas untuk mengantisipasi kita terhindar dari racun dan bisa mendapatkan kandungan gizinya.

Berikut ini jenis buah dengan biji beracun.

Buah Ceri

Racun dalam biji buah ceri juga merupakan racun yang sama dengan biji apel dan biji persik, yaitu amygdalin. Jadi saat akan memakan buah ini, baiknya buang dulu biji-bijinya. Ukuran buah yang kecil bisa membuat kamu tanpa sengaja menelan biji buah yang beracun itu.

Buah Apel

Apel adalah salah satu jenis buah yang bisa dikonsumsi bersama dengan kulitnya. Tapi tidak semua bagian dari buah ini baik untuk dimakan. Ada bagian dari buah apel yang memiliki kandungan beracun, yaitu bagian bijinya.

Biji buah apel mengandung zat bernama amygdalin. Dalam perut, zat amygdalin yang terkena enzim pencernaan akan melepaskan zat sianida. Nah, zat sianida inilah yang berbahaya bagi tubuh.

Buah Pir

Buah dengan rasa manis dan memiliki banyak kandungan air ini justru memiliki bagian biji yang beracun. Pada biji buah ini memiliki kandungan glikosida sianogenik yang bisa berubah menjadi sianida saat dicerna. Jadi pastikan selalu potong buah dan buang semua biji sebelum mulai memakannya.

Buah Persik

Buah yang kaya kandungan beragam vitamin ini memang baik untuk dikonsumsi harian, tapi pastikan hindari bagian biji. Sama seperti apel, biji buah persik mengandung zat amygdalin.

Baca Juga: Awas Tertelan, 5 Buah ini Memiliki Biji Beracun
Ampuh! Makan Buah-buahan Ini Jika Penyakit Asam Lambung Menyerang

Amygdalin dalam biji buah persik juga menjadi berbahaya saat melepaskan zat sianida setelah terkena enzim pencernaan di perut. Selain itu, buah persik juga mengandung protein yang bisa menyebabkan alergi pada sebagian orang.

Buah Aprikot

Buah aprikot memiliki biji yang cukup besar, jadi kamu bisa dengan mudah menemukannya dan membuangnya. Pada biji buah ini juga terdapat kandungan sejenis buah pir dan akan berubah menjadi sianida saat dikonsumsi tubuh.