Bagus untuk Kesehatan Jantung, Ini Sederet Khasiat Daun Bawang

Ilustrasi daun bawang. (pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Jumat, 2 Desember 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Daun bawang termasuk jenis sayuran yang biasa dicampurkan ke dalam masakan untuk menambahkan cita rasa. Selain membuat masakan lebih menyegarkan, daun bawang juga mengandung nutrisi berupa protein, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, dan magnesium. Selain itu, daun bawang juga mengandung senyawa antioksidan flavonoid.

Sederet kandungan yang ada pada daun bawang, tentu mempunyai manfaat baik untuk kesehatan. Lantas apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat mengonsumsi daun bawang adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini karena peradangan di dalam tubuh dikurangi oleh zat kaempferol dengan menyehatkan sistem kardiovaskular.

Daun ini juga sehat bagi jantung karena mengandung allicin. Senyawa tersebut bisa mengurangi kadar kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah, dan mencegah gumpalan darah dalam pembuluh darah.

Mengurangi Peradangan

Zat kaempferol yang ada pada daun bawang ternyata memiliki sifat anti radang. Itu artinya, berguna untuk mengatasi peradangan di dalam tubuh, sehingga tubuh melindungi dirinya sendiri dari infeksi. Keuntungannya, sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan menghindarkan tubuh dari gejala demam, nyeri, atau bengkak.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi mengubah daun bawang menjadi prebiotik, sehingga usus jadi lebih sehat. Prebiotik akan memicu pertumbuhan mikroorganisme baik untuk memperlancar sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi dari makanan oleh usus.

Mengurangi Risiko Kanker

Kehebatan lainnya juga bisa mengurangi risiko kanker. Sebab, peradangan pada tubuh tidak terlalu parah, jika kita mengonsumsi daun bawang.

Hasilnya, tubuh jadi lebih sehat dan tidak terpengaruh pertumbuhan sel yang tidak terkendali, sebagai penyebab kanker. Jadi, nutrisi daun bawang adalah zat antikanker alami yang bisa teman-teman dapatkan.

Baca Juga: Bagus untuk Kesehatan Jantung, Ini Sederet Khasiat Daun Bawang
Jangan Dibuang! Bonggol Sisa Daun Bawang Bisa Ditanam Lagi, Begini Caranya

Menurunkan Berat Badan

Berat badan berlebih atau obesitas tidak boleh disepelekan, sebab menyebabkan berbagai macam penyakit. Nah, daun bawang bisa membantu menurunkan berat badan hingga beratnya menjadi ideal.

Hal ini karena, daun bawang mengandung banyak air dan serat, yang mencegah rasa lapar datang lebih cepat. Sehingga, kita bisa membatasi porsi makan dan tidak berlebihan mengonsumsi makanan.