Enak Dijadikan Lalapan, Ternyata Ini Manfaat Kemangi

Ilustrasi daun kemangi (Wikimedia Commons)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 5 Desember 2022 | 20:00 WIB

Sariagri - Bagi masyarakat Indonesia, kemangi sudah menjadi salah satu sayuran yang paling cocok dijadikan lalapan. Selain itu, kemangi juga kerap digunakan sebagai bumbu tambahan untuk membuat masakan lebih sedap.

Sayuran yang memiliki nama latin Ocimum basilicum ini mengandung sejumlah gizi yang membuatnya bermanfaat bagi kesehatan.

Menurut penelitian, di dalam daun kemangi terdapat energi, serat, protein, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, kalsium dan zat besi. Selain itu, ada juga fosfor, kalium, zinc, karbohidrat dan folat.

Melihat banyaknya kandungan baik yang ada pada kemangi, jadi bisa dipastikan sayuran yang satu ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Nah, berikut ini manfaat daun kemangi bagi kesehatan.

Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan magnesium yang ada pada kemangi dipercaya dapat membantu melenturkan pembuluh darah, sehingga melancarkan peredaran darah.

Selain itu, kandungan antioksidannya bermanfaat untuk mendukung kerja pembuluh darah serta melindungi organ peredaran darah dari kerusakan.

Membantu Menyehatkan Jantung

Manfaat kemangi adalah membantu menyehatkan organ jantung karena kandungan antioksidan eugenol. Antioksidan ini berkhasiat dalam mengontrol kolesterol dan gula darah. Sehingga, sangat membantu dalam mengatasi penyakit jantung.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Bagi kamu yang memiliki masalah pencernaan, daun kemangi bisa menjadi solusi. Manfaat daun kemangi ini diyakini mampu melancarkan pencernaan dan di waktu bersamaan dapat secara efektif menormalkan keseimbangan asam lambung.

Menjaga Kesehatan Kulit

Regenerasi kulit adalah kemampuan kulit untuk memperbaharui sel-sel kulit. Daun kemangi memiliki zat yang berkhasiat dalam membersihkan darah, sehingga, kulit wajah dan tubuh bisa terlihat lebih segar dan cerah.

Cara memanfaatkan daun kemangi untuk menjaga kesehatan tersebut, yaitu dengan menumpuk tumbuhan ini untuk dijadikan masker untuk perawatan rutin.

Baca Juga: Enak Dijadikan Lalapan, Ternyata Ini Manfaat Kemangi
Terapkan 6 Kebiasaan Makan Ini, Bisa Bikin Umur Lebih Panjang Loh!

Menguatkan Tulang

Daun kemangi mengandung vitamin K yang bisa bermanfaat untuk menguatkan tulang kita. Vitamin K ini berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang yang sehat.

Membantu Mengatasi Stres

Penelitian menemukan bahwa kandungan adaptogen atau gen anti-stres dalam daun kemangi bermanfaat untuk melindungi dan mencegah stres. Caranya, kita bisa merebus 12 daun kemangi dengan tambahan madu untuk meringankan stres dan ketegangan otot kepala yang kita alami.