Habis Minum Kopi Kok Sakit Kepala Muncul? Ini Penyebabnya

Ilustrasi - Minum kopi.(Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 29 November 2022 | 15:45 WIB

Sariagri - Minum kopi sudah menjadi ritual bagi sebagian orang belakangan ini. Baik di pagi hari, siang, atau malam hari, minuman hitam ini merupakan teman terbaik.

Sayangnya ada beberapa kasus yang menyatakan jika beberapa orang akan mengalami sakit kepala usai meminum kopi.

Memang, kopi bermanfaat untuk meningkatkan imunitas hingga menurunkan berat badan. Tapi, tidak untuk semua orang, faktanya, ada efek buruk juga yang mengintai ketika mengonsumsi kopi.

Diwartakan oleh Mayo Clinic, jadi, kafein pada kopi dapat menyebabkan efek sakit kepala untuk sebagian orang dan ada juga yang justru sembuh dari sakit kepala setelah minum kopi.

Bagi kamu yang merasakan sakit kepala usai minum kopi, hal ini dikarenakan kondisi pembuluh darah membengkak dan mengencang. Ini mengakibatkan aliran darah mengalami peningkatan di sekitar otak.

Peningkatan aliran darah ini akan membuat otak menerima pesan rasa sakit. Dampaknya, sakit kepala pun muncul.

Selain itu, sakit kepala yang ditimbulkan setelah minum kopi ini tergantung pada efeknya saat minuman ini dikonsumsi secara teratur. Kalau konsumsi kopi dihentikan, pembuluh darah justru bisa membesar.

Baca Juga: Habis Minum Kopi Kok Sakit Kepala Muncul? Ini Penyebabnya
Agar Tetap Sehat, Ini Waktu yang Tepat untuk Menikmati Kopi

Hal ini menyebabkan peningkatan aliran darah di sekitar otak serta memberikan tekanan di sekitar saraf. Sebagai informasi, kopi juga bisa memicu sakit kepala karena penarikan kafein.

Sakit kepala yang dirasakan bisa berlangsung selama beberapa minggu karena tubuh membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri tanpa kehadiran kafein.