Dikenal Sebagai Obat Herbal, Ini Manfaat Tanaman Jengger Ayam

Ilustrasi tanaman jengger ayam (Pixabay)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 29 November 2022 | 13:45 WIB

Sariagri - Pernahkah Sobat Agri mendengar kata jengger ayam? Mungkin kebanyakan diantara kamu, mengira ini merupakan bagian dari kepala ayam. Namun, jengger ayam yang dimaksud disini adalah salah satu nama tanaman.

Disebut demikian, sebab bentuk tanaman ini memang terlihat seperti jengger yang ada pada ayam.

Jengger ayam atau nama latinnya Celosia cristata L dikenal sebagai tanaman herbal. Bagian yang bisa dimanfaatkan ini berasal dari bunga yang masih dalam keadaan segar atau sudah kering.

Apabila bunga ini disimpan, jangan lupa untuk mengeringkannya terlebih dahulu dengan cara dijemur.

Manfaat tanaman jengger ayam

Tanaman jengger ayam memiliki rasa manis serta bersifat sejuk. Selain itu, tanaman ini juga mengandung terkandung berbagai bahan kimia seperti amaranthin, minyak lemak, kaemferitrin, dan pintol.

Efek farmakologis yang dimiliki jengger ayam bisa berperan sebagai antiradang, menghentikan pendarahan, dan mengatasi masalah kewanitaan seperti keputihan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini manfaat yang bisa disembuhkan oleh jengger ayam beserta cara membuat ramuannya.

1. Mengatasi batuk darah, mimisan, dan muntah darah

Jengger ayam dapat mengatasi pendarahan seperti batuk darah, mimisan, dan muntah darah. Cara membuat ramuannya dengan merebus 3 gelas air bersama 15 bunga jengger ayam, 30 gram akar rimpang terate dan 15 gram urang aring.

Rebus hingga air menyusut dan tersisa 1 gelas. Setelah itu dinginkan dan minum ramuan sebanyak 2 kali sehari dengan dosis masing-masing ½ gelas.

2. Mengobati disentri

Selain mengatasi pendarahan, jengger ayam juga dapat mengobati penyakit disentri. Caranya dengan merebus 10 gram jengger ayam bersama 4 gelas air. Rebus hingga air tersisa 2 gelas.

Kemudian saring air rebusan ini dan tunggu sampai dingin, Konsumsi air rebusan ini sebanyak 2 kali sehari dengan dosis masing-masing 1 gelas. Lakukan pengobatan secara rutin hingga penyakit disentri benar-benar sembuh.

3. Mengatasi keputihan dan infeksi saluran kencing

Manfaat lain jengger ayam juga dapat mengatasi masalah kewanitaan seperti keputihan dan juga penyakit infeksi saluran kencing. Untuk membuatnya, kamu cukup dengan merebus 15 gram jengger ayam beserta 4 gelas air.

Rebus hingga air tersisa 2 gelas. Saring air rebusan dan tunggu hingga dingin. Minum 1 gelas ramuan sebanyak 2 kali sehari dan lakukan secara rutin hingga masalah keputihan dan infeksi sembuh.

4. Mengobati wasir berdarah

Selanjutnya manfaat dari jengger ayam diketahui mampu mengobati wasir berdarah. Caranya cukup dengan mencuci bersih 15 gram bunga jengger, 30 gram akar rimpang teratai, dan 15 gram urang aring.

Kemudian semua bahan direbus bersama 3 gelas air hingga menyusut dan tersisa 1 gelas. Ramuan ini bisa diminum untuk 2 kali porsi dalam sehari.

Baca Juga: Dikenal Sebagai Obat Herbal, Ini Manfaat Tanaman Jengger Ayam
Bisa Obati Berbagai Penyakit, Ini Cara Memanfaatkan Tanaman Keji Beling

5. Mengatasi pendarahan rahim saat tidak haid

Pada beberapa kasus, wanita mengalami pendarahan rahim meski tidak sedang haid. Namun jangan khawatir, masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan tanaman jengger ayam.

Caranya dengan mencuci bersih 15 gram bunga jengger ayam dan 30 gram umbi daun dewa. Kedua bahan ini kemudian direbus 2 gelas air hingga air tersisa 1 gelas. Diamkan hingga dingin dan minum untuk menghentikan pendarahan pada rahim.