Jarang Diketahui, Ini Ragam Manfaat Bunga Kertas bagi Kesehatan

Ilustrasi bunga kertas (Wikimedia Commons)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Selasa, 29 November 2022 | 18:45 WIB

Sariagri - Bunga bugenvil atau lebih populer dengan sebutan bunga kertas adalah salah satu tanaman hias yang banyak ditanam orang di pekarangan rumah.

Tanaman ini memiliki beberapa jenis warna, diantaranya warna putih, ungu, merah, dan masih banyak warna lainnya. Saat sedang berbunga, tanaman ini tampak begitu cantik, membuat penampakan rumah semakin asri.

Manfaat bunga kertas bagi kesehatan

Tak hanya memiliki tampilan yang mempesona, ternyata bunga cantik yang ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat bunga kertas yang jarang diketahui.

1. Obat resistensi insulin

Tahukah kamu, bunga yang memiliki warna cerah ini ternyata bisa dijadikan sebagai obat resistensi insulin. Hal ini dikarenakan, tanaman ini mengandung senyawa pinitol.

Kamu bisa menggunakan kelopak bunga kertas yang telah dikeringkan untuk dijadikan teh.

2. Obat batuk

Selain bunganya, kulit batang dari tanaman ini, diketahui dapat menjadi obat batuk. Caranya yaitu dengan mengambil kulit batang tanaman yang telah kering. Kemudian tumbuh hingga halus sebelum nantinya dikonsumsi.

3. Obat keputihan dan nyeri haid

Masalah kewanitaan seperti keputihan dan nyeri saat haid sudah menjadi hal yang biasa bagi sebagian besar wanita. Namun kamu jangan khawatir, sebab masalah ini bisa diatasi dengan memanfaatkan air rebusan bunga kertas yang telah kering.

4. Obat menurunkan demam

Demam memang bukan merupakan penyakit, namun menjadi indikasi dari suatu penyakit. Meski sangat populer dan sering dialami, namun jika salah mengatasinya bisa semakin parah.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Ragam Manfaat Bunga Kertas bagi Kesehatan
Dikenal Sebagai Obat Herbal, Ini Manfaat Tanaman Jengger Ayam

Kamu bisa memanfaatkan bunga kertas sebagai teh, untuk menurunkan suhu badan dengan cepat.

5. Obat masalah pernafasan

Disamping itu, bunga kertas juga dapat dijadikan sebagai obat untuk masalah pernafasan yang berkaitan dengan paru-paru.

Pasalnya tanaman hias ini mampu menyediakan pasokan oksigen ke seluruh tubuh. Apabila fungsi paru-paru dalam keadaan sehat maka, dapat bekerja secara optimal sehingga tubuh pun akan terasa lebih bugar.

6. Obat hepatitis

Jika kamu menderita penyakit hepatitis, kamu bisa memanfaatkan batang dari bunga kertas untuk mengatasinya.

Caranya yaitu dengan merebus bunga ini hingga didapatkan sari-sarinya. Kemudian minum secara rutin hingga gejala semakin membaik.