Sempat Dianggap Mustahil, Petani Ini Sukses Tanam Apel Berry di India

Ilustrasi apel berry. (pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 29 November 2022 | 18:30 WIB

Buah-buahan dari luar negeri umumnya tidak pernah bisa ditanam di negara bagian Odisha, IndiaMungkin bisa disebut mitos atau kesalahpahaman, tetapi anggapan itu telah terpatahkan oleh seorang petani di Distrik Ganjam, Odisha.

Dia adalah Abimanyu Pradhan, seorang petani di Desa Takarada. Berbekal informasi dari saluran Youtube, Pradhan mempelajari tentang budidaya apel berry merah dan apel berry hijau Thailand.

Setelah mengetahui tentang buah apel berry merah dan hijau Thailand dari menonton beberapa video YouTube, saya memutuskan untuk mencobanya,” terangnya, seperti dikutip Odishatv.in.

Dia memesan 650 anakan dari pembibitan di Kolkata dan menanamnya di tanah seluas dua hektare dengan jarak delapan kaki di antara setiap anakan.

Sembilan bulan berlalu, saat ini lahan pertaniannya sudah penuh dengan buah-buahan. Mengingat tingginya permintaan di pasar lokal, Pradhan optimis buah-buahannya akan memberinya keuntungan yang baik.

Buah dari Thailand tersebut sekarang tumbuh di desa Takarada. Penduduk desa ikut merasa senang dengan kesuksesan Pradhan.

Mereka berharap, panen buah mendatang akan bertambah banyak karena pohonnya lebih banyak mengeluarkan cabang. Selain itu, makin banyak petani juga yang terinspirasi oleh kisah sukses Pradhan.

Baca Juga: Sempat Dianggap Mustahil, Petani Ini Sukses Tanam Apel Berry di India
Salut, Pemuda Ini Sukses Berkebun Microgreen di Lahan Parkir Bawah Tanah

Secara teratur, para petani yang penasaran dan orang-orang biasa mengunjungi tanah pertanian Pradhan untuk melihat sendiri bagaimana pohon berry Thailand setinggi tiga kaki sarat dengan buah-buahan.

Kini, dia telah menjadi sumber inspirasi bagi orang lain. Dia tidak akan ragu untuk memberitahu petani di daerahnya tentang cara menanam tanaman berry Thailand.