4 Arti di Balik Warna-Warni Buah dan Sayuran, Apa Saja?

Ilustrasi Buah dan Sayur (Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Yoyok - Rabu, 30 November 2022 | 11:30 WIB

Sariagri - Buah dan sayuran merupakan makanan yang memiliki ragam kandungan nutrisi dan vitamin. Jenis makanan ini sangat cocok jadi pilihan ketika kita ingin hidup sehat. Umumnya buah dan sayuran bisa dibedakan dengan ciri khas pigmen warna.

Rupanya warna pada buah dan sayuran bukan hanya sebagai penanda saja, tetapi ada makna yang ada di baliknya. Warna ini pun menunjukan berbagai manfaat yang terkandung dalam buah dan sayur.

4 arti di balik warna buah dan sayuran untuk menjaga kesehatan tubuh, dikutip dari theconversation.

1. Hijau

Seringkali kita menemui sayuran yang berwarna hijau. Namun tak sedikit juga beberapa buah yang berwarna hiau, seperti apel hijau, anggur hijau, pir dan alpukat.

Buah dan sayuran yang memiliki warna hijau ternyata mengandung banyak fitonutrien termasuk klorofil, katekin, fitosterol, nitrat, dan juga nutrisi penting yang dikenal sebagai folat. Kandungan fitonutrien juga bisa bertindak sebagai antioksidan yang punya fungsi untuk menangkal radikal bebas.

Tak hanya manfaat tersebut, warna hijau pada buah dan sayuran ini juga bisa memberikan manfaat penting terhadap kesehatan pembuluh darah dengan membuatnya menjadi lebih elastis dan fleksibel.

2. Merah

Buah dan sayuran berwarna merah berisi kandungan fitonutrien yang disebut karotenoid. Zat ini terkandung dalam tomat ceri, apel, semangka, hingga stroberi.

Kandungan karotenoid mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas dikenal sebagai molekul yang dapat merusak protein, membran sel, dan DNA dalam tubuh.

ketika manusia mengonsumsi buah dan sayuran berwarna merah mengandung karotenoid ini, kandungan antioksidan di dalamnya bisa membersihkan dan menstabilkan radikal bebas dan menjaga kerusakan sel dalam tubuh.

3. Biru dan Ungu

Ada beberapa buah dan sayuran yang berwarna ungu, seperti blueberry, blackberry buah plum, dan anggur ungu. Warna tersebut ternyata mengandung fitonutrien jenis lain, termasuk anthocyanin, resveratrol dan tanin. Untuk fitonutrien anthocyanin, mereka memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, hingga stroke.

Penelitian terbaru membuktikan bahwa mereka bisa memperbaiki memori dengan cara meningkatkan pensinyalan antar sel otak dan mempermudah otak untuk merubah dan beradaptasi dengan informasi baru.

Baca Juga: 4 Arti di Balik Warna-Warni Buah dan Sayuran, Apa Saja?
Catat! 5 Daftar Buah dan Sayuran yang Tak Boleh Disimpan Berdekatan

4. Oranye

Selain warna diatas, beberapa buah dan sayuran juga memiliki pigmen warna oranye. Warna itu juga mengandung karotenoid tetapi sedikit berbeda dengan sayuran merah. Jika pada buah dan sayuran oranye, karotenoidnya berupa alfa dan beta karoten serta kurkuminoid.

Alfa dan beta karoten tersebut dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A ini juga memiliki antioksidan yang dapat menargetkan radikal bebas yang menumpuk di sekitar membran sel, sehingga bisa sekaligus mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.