Kabar Gembira Bagi Penggemar Tauge, Ini Sejumlah Manfaatnya

Ilustrasi tauge. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 30 November 2022 | 20:45 WIB

Sariagri - Tauge adalah kecambah yang biasanya diolah dan dicampurkan dalam berbagai masakan, mulai dari ditumis, rebus, hingga goreng.

Nah, bagi yang gemar makan tauge ada kabar baik untuk kalian. Sebab makan tauge bisa hindari kita dari berbagai penyakit.

Pasalnya, tauge mengandung beragam nutrisi seperti, karbohidrat, protein, serat, kemudian vitamin B, vitamin C, vitamin K, folat, zat besi, kalium, fosfor dan masih banyak lagi.

Dilihat kandungan yang tersimpan dalam tauge, tentu sudah tidak diragukan lagi akan manfaatnya untuk kesehatan. Nah, berikut ini beberapa manfaat tauge yang harus anda ketahui.

1. Tauge sangat baik untuk kesehatan pencernaan

Tauge merupakan sumber serat makanan yang tidak larut dan membantu pencernaan. Tauge bergerak cepat melalui sistem pencernaan, mengambil, dan membawa produk limbah bersamanya.

Serat membantu "membersihkan" usus besar. Ia bekerja hampir seperti sikat scrub internal. Memiliki cukup serat tidak larut dalam makanan Anda penting untuk mencegah sakit perut.

2. Mengatur tekanan darah

Tauge bisa mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi, seperti hipertensi. Hal ini karena tauge mengandung peptida. Peptida diproduksi dalam konsentrasi tinggi ketika benih mulai berkecambah. Kandungan ini terbukti mampu mengurangi tekanan darah.

3. Tauge bisa menyehatkan jantung

Manfaat tauge selanjutnya adalah bisa menyehatkan jantung secara keseluruhan dengan menyeimbangkan kolesterol. Studi menunjukkan bahwa tauge dapat membantu mengurangi kolesterol LDL "jahat" yang menyebabkan penumpukan plak dan menyumbat arteri.

Tauge juga dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL “baik”, yang membantu membersihkan timbunan lemak dari darah. Tidak hanya itu, tauge juga bisa menurunkan lemak darah lain yang disebut dengan trigliserida.

Trigliserida dapat menyebabkan penyakit jantung jika menumpuk dalam konsentrasi yang cukup tinggi, demikian dilansir dari Webmd.

4. Tauge bisa menyehatkan mata

Tauge dipercaya bisa menyehatkan mata karena tauge memiliki antioksidan tinggi. Antioksidan bisa membantu melindungi dari penyakit mata, termasuk degenerasi makula terkait usia (AMD).

AMD adalah penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa di atas usia 55 tahun. Selain itu, antioksidan juga dapat membantu mengurangi risiko terkena AMD.

Baca Juga: Kabar Gembira Bagi Penggemar Tauge, Ini Sejumlah Manfaatnya
Hati-hati! Ini Bahaya yang Mengintai jika Makan Jeroan Terlalu Banyak

Tauge juga sangat kaya dengan vitamin C. Dengan begitu, tauge bisa membantu mencegah katarak. Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi vitamin C tingkat tinggi selama 10 tahun atau lebih memiliki risiko operasi katarak yang rendah.

5. Tauge bisa mencegah kanker

Protein dan peptida dalam tauge juga dapat membantu mengurangi risiko kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa nutrisi ini dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker, termasuk kanker payudara, leukemia, dan kanker sistem pencernaan.