Masuk Dalam Golongan Superfood, Ini Manfaat dari Biji Labu

Ilustrasi Labu (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 2 Desember 2022 | 12:45 WIB

Sariagri - Ada banyak manfaat biji labu bagi kesehatan tubuh. Perlu kamu ketahui, jika biji labu merupakan salah satu bahan makanan yang masuk dalam golongan superfood. Hal itu lantaran kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Biji labu dihasilkan dari biji yang terdapat dalam labu kuning. Ciri khas dari biji labu adalah bentuknya yang lonjong meruncing dan gepeng.

Dalam biji labu terdapat banyak sekali kandungan vitamin dan mineral. Mulai dari protein, lemak, serat, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, sodium, vitamin C, hingga vitamin B kompleks.

Berhubung ada banyak sekali nutrisi yang terkandung di dalamnya, tak heran ada banyak manfaat biji labu untuk kesehatan. Berikut ulasannya.

1. Mengurangi Risiko Kanker

Biji labu diketahui dapat mengurangi risiko kanker, paru-paru, prostat dan usus besar. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi biji labu dapat menurunkan risiko kanker payudara pada perempuan pascamenopause.

Studi lain juga mengatakan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung biji labu dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi para penyandang diabetes penting untuk selalu mengontrol gula darah mereka secara berkala. Biji labu menjadi salah satu bahan alami yang dapat dikonsumsi oleh penyandang diabetes tipe 2.

Faktanya, kandungan magnesium yang tinggi pada biji labu dapat menurunkan kadar gula darah. Studi menunjukkan bahwa lebih dari 127.000 orang yang diet kaya magnesium dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 sebanyak 33 persen lebih rendah dari pada laki-laki dan 34 persen pada perempuan.

3. Mengurangi Risiko Jantung dan Hipertensi

Biji labu yang kaya antioksidan, magnesium, seng dan asam lemak ini mampu menjaga dan mengurangi risiko jantung dan hipertensi.

Penelitian juga menunjukkan bahwa minyak biji labu dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol yang menyebabkan penyakit jantung.

Studi lain membuktikan bahwa biji labu dapat meningkatkan pembentukan oksidan nitrat yang mampu memperluas pembuluh darah, meningkatkan aliran darah serta mengurangi risiko plak di arteri kita.

4. Bantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Untuk kamu yang kesulitan tidur di malam hari, kamu dapat mencoba mengonsumsi biji labu yang mengandung triptofan, asam amino yang bantu meningkatkan kualitas tidur.

Selain itu, zinc yang ada di dalam biji labu juga dapat membantu mengubah triptofan menjadi serotonin yang diubah jadi melatonin yaitu hormon yang dapat mengatur siklus tidur. Biji labu juga mengandung magnesium yang baik dan dapat meningkatkan kualitas tidur jadi lebih baik.

Baca Juga: Masuk Dalam Golongan Superfood, Ini Manfaat dari Biji Labu
Dijamin Hemat, Ini Resep Salad Buah yang Sehat dan Menyegarkan

5. Meningkatkan Kesehatan Usus dan Prostat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji labu dapat meredakan kandung kemih yang terlalu aktif dan hiperplasia prostat.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen biji labu dapat bantu mengobati gejala kandung kemih yang terlalu aktif. Mengonsumsi 10 gram ekstrak biji labu setiap hari dapat membantu meningkatkan fungsi kemih.