Terlihat Mirip, Ini Perbedaan Tumbuhan Lumut dengan Paku

Ilustrasi tumbuhan lumut dan tumbuhan paku (Pxhere)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Kamis, 1 Desember 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Indonesia dikaruniai keanekaragaman hayati yang begitu banyak. Diantara ribuan jenis tanaman yang tumbuh di negara tropis ini, terdapat salah satunya yaitu tumbuhan lumut atau nama latinnya Bryophyta.

Sekilas tumbuhan lumut mirip sekali dengan tumbuhan paku atau Pteridophyta. Keduanya sama-sama hidup di habitat yang lembab dan merupakan tumbuhan yang hidup di dataran tinggi.

Meski demikian, keduanya merupakan dua jenis tumbuhan yang berbeda dan tentunya memiliki banyak perbedaan.

Perbedaan Tumbuhan Lumut dan Paku

Dilansir dari situs Kemendikbud, berikut adalah kumpulan perbedaan yang amat mendasar, antara tumbuhan lumut dan tumbuhan paku. Lantas apa saja itu, berikut ciri-ciri yang bisa dikenali:

1. Akar

Perlu diketahui, tumbuhan lumut memiliki akar berupa rizoid, sementara tumbukan paku memiliki akar seperti serabut.

2. Batang

Ciri kedua juga dikenali dari batangnya. Tumbuhan lumut memiliki batang yang bentuknya sangat talus, sementara batang dari tumbuhan paku berupa rhizoma.

3. Daun

Perbedaan lain juga dapat dilihat dari bentuk daun. Pada tumbuhan lumut daun muda tidak menggulung, namun pada tumbuhan paku daun muda akan menggulung.

Lalu, tumbuhan lumut memiliki daun yang tipis dan memiliki lapisan lilin. Sedangkan daun pada tumubuhan paku berupa mikrofil, makrofil, tropofil dan sporofil.

4. Berkas Pembuluh

Tahukah kamu, tumbuhan lumut tidak memiliki berkas pembuluh. Namun tumbuhan ini memiliki xilem dan floem yang serupa seperti berkas pembuluh darah.

5. Spora

Selanjutnya perbedaan kedua tumbuhan ini terletak pada spora. Spora yang tumbuh pada tumbuhan lumut adalah protonema. Sementara pada tumbuhan paku spora dinamakan protalium.

6. Kromosom

Diketahui, tumbuhan lumut memiliki kromosom haploid (n). Hal ini jelas berbeda dengan tumbuhan paku yang kromosomnya diploid (2n).

Baca Juga: Terlihat Mirip, Ini Perbedaan Tumbuhan Lumut dengan Paku
Mengenal Lumut, Tumbuhan Darat Pertama yang Bertahan Hidup Hingga Saat Ini

7. Fase haploid (gametofit)

Fase gametofit pada tumbuhan lumut terdiri dari spora, protonema, gametofit, anteridium, arkegonium, spermatozoid, ovum. Sedangkan fase haploid tumbuhan paku terdiri dari spora, protalium, anteridium, arkegonium, spermatozoid, dan ovum.

8. Fase Diploid (Sporofit)

Tumbuhan lumut memiliki fase diploid yang terdiri dari zigot, embrio, sporogonium, sporangium. Sementara fase diploid tumbuhan paku terdiri atas zigot, tumbuhan paku, sporofil dan sporangium.