Ilmuwan Berhasil Ciptakan Obat Pembasmi Hama dari Daun Brokoli dan Teratai

Ilustrasi daun brokoli. (pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 1 Desember 2022 | 13:45 WIB

Sariagri - Peneliti Israel telah mengembangkan obat semprotan untuk melindungi tanaman dari serangan penyakit dari bahan zat lilin yang ditemukan pada daun teratai dan brokoli.

Mereka mensimulasikan kristal lilin anti-perekat pada daun kedua tanaman tersebut, yang secara alami mencegah patogen pembawa penyakit menempel pada tanaman.

Obat semprotan yang diberi nama SafeWax dikembangkan oleh Prof Boaz Pokroy dan Prof Ester Segal dari Technion, di Haifa, Israel utara. Obat ini adalah formulasi biodegradable yang terbuat dari bahan terbarukan yang dapat disemprotkan ke tanaman apapun dan memiliki efek yang sama dengan lilin.

Selain mencegah penyakit, obat semprotan ini dapat disesuaikan untuk memberikan perlindungan pada tanaman dari kerusakan akibat sinar matahari, dan untuk mengumpulkan air dari kondensasi embun, demikian dilansir nocamels.com.

Baca Juga: Ilmuwan Berhasil Ciptakan Obat Pembasmi Hama dari Daun Brokoli dan Teratai
Targetkan Nilai Penjualan Bunga Rp658 Triliun, Ini Strategi Utama Cina



Semprotan berbahan daun teratai dan brokoli ini bisa menjadi alternatif pengganti fungisida sintetik yang sangat beracun bagi satwa liar, dan menyebabkan patogen menjadi resisten terhadap fungisida setelah beberapa tahun terpapar.