6 Varietas Melon yang Berkualitas Unggul dan Banyak Dibudidayakan

Ilustrasi melon sky rocket berkualitas unggul (Istimewa)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Jumat, 2 Desember 2022 | 19:45 WIB

Sariagri - Melon atau Cucumis melo L. adalah salah satu tanaman buah-buahan yang banyak penggemarnya. Buah ini memiliki rasa manis, segar, berair dan kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Ditambah lagi harganya juga cenderung terjangkau.

Diketahui, varietas melon sangat beragam. Beberapa di antaranya ada yang paling unggul sehingga banyak dibudidayakan di Indonesia.

Berikut 6 varietas melon unggulan

1. Sunrise meta

Melon jenin sunrise meta dapat dicirikan dari kulit buahnya yang berwarna putih tanpa tekstur jala. Bentuk buahnya juga relatif lonjong dibanding melon pada umumnya. Untuk daging buahnya yang bagian dalam berwarna oranye.

Alasan yang membuat jenis sunrise meta unggul karena melon ini memiliki tekstur daging buah yang kenyal dan renyah serta rasanya yang manis. Apalagi ketika memasuki umur 60 hari setelah masa tanam, melon ini sudah dapat dipanen.

2. Orange meta

Selain sunrise meta, varietas melon unggulan lain adalah orange meta. Sesuai namanya, varietas orange meta, memiliki kulit berwarna orange. Sama dengan sunrise meta, bagian kulit varietas ini tidak berjalan dan memiliki bentuk yang lonjong.

Keunggulan dari orange meta yaitu memiliki daging buah yang berwarna oranye muda, dengan teksturnya renyah dan juga rasa yang manis. Untuk memanennya pun terbilang cukup cepat, yaitu ketika berumur 60 hari setelah masa tanam.

3. Sky rocket

Melon unggulan lainnya adalah sky rocket. Varietas ini dapat tumbuh mencapai 3 kilogram per buahnya. Varietas melon sky rocket ini memiliki rasa manis dengan tekstur kenyal.

Bentuk melon ini bulat dengan kulit berwarna hijau kekuningan dengan pola jala di sekelilingnya. Sementara bagian dalam daging buahnya berwarna hijau muda. Kamu bisa memanen melon ini ketika berumur 65 hari setelah masa tanam.

4. Action 434

Selanjutnya adalah varietas action 434. Melon ini diproduksi oleh PT Tanindo Subur Prima. Jika dilihat sekilas, bentuk melon varietas action 434 sangat mirip dengan varietas sky rocket.

5. Mai 119

Melon unggulan lain bernama mai 119. Varietas ini adalah hasil pengembangan dari mai 116 yang berbobot lebih kecil. Melon ini dikembangkan oleh CV Multi Global Agrindo (MGA), Karanganyar. Ciri melon ini memiliki bentuk buah yang bulat, kulit buah berwarna hijau dengan pola jala.

Melon ini juga memiliki daging buah berwarna oranye, rasa yang manis dan tekstur kenyal. Selain itu, keunggulan melon mai 119 relatif lebih besar yang bisa mencapai bobot 3,5 kilogram per buahnya.

Hal inilah yang membuatnya banyak diminati masyarakat Indonesia. Umur panen melon mai 119 adalah 65 hari setelah masa tanam.

Baca Juga: 6 Varietas Melon yang Berkualitas Unggul dan Banyak Dibudidayakan
Meski Mungil, Konsumsi Buah Ceri Ternyata Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur

6. Apollo

Varietas unggulan terakhir, yang juga banyak dibudidayakan adalah melon apollo. Melon ini dikembangkan oleh PT Known You Seed. Melon ini memiliki ciri khas yaitu kulit buah yang berwarna kuning cerah tanpa jala dan berbentuk lonjong.

Bagian dalam daging varietas apollo juga berwarna putih. tekstur buah renyah dengan rasanya manis. Melon ini memiliki bobot mencapat 2 kilogram per buahnya, dengan masa panen rata-rata 60 hari setelah masa tanam.