Produksi Melimpah, Mangga Asal Indonesia Bakal Masuk Pasar Jepang

Ilustrasi Mangga Kuweni. (fREEPIK)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Jumat, 2 Desember 2022 | 18:45 WIB

Sariagri - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) berhasil meyakinkan Jepang agar buah mangga Indonesia dapat masuk ke pasarnya.

“Pembukaan akses pasar ekspor buah mangga ke Jepang saat ini menjadi program strategis prioritas Barantan. InsyaAllah hanya tinggal satu langkah lagi mangga kita akan bisa dinikmati masyarakat Jepang,” kata Bambang, Kepala Barantan melalui keterangan persnya, dikutip Jumat (1/12).

Bambang menuturkan, mangga adalah salah satu buah eksotis Indonesia, produksinya melimpah namun ekspor buah mangga ke beberapa negara masih belum optimal.

Bambang juga menjelaskan akses pasar ekspor buah mangga ke Jepang, Korea, Taiwan, Australia, New Zealand masih terkendala adanya lalat buah dan ketersediaan fasilitas perlakuan.

Bambang mengungkapkan hal inilah yang menjadi perhatian khusus para pejabat karantina tumbuhan dalam memfasilitasi upaya pembukaan akses pasar ekspor buah mangga ke Jepang. Bersama dengan akademisi dan pemerintah daerah Jawa Barat, Barantan telah menyampaikan hasil penelitian yang menyatakan bahwa di Jawa Barat tidak ditemukan adanya lalat buah yang dikhawatirkan oleh pihak Jepang terutama untuk buah mangga jenis gedong gincu.

Baca Juga: Produksi Melimpah, Mangga Asal Indonesia Bakal Masuk Pasar Jepang
Bebas Hama Lalat Buah, Mangga Indonesia Siap Diekspor ke Jepang

“Saya berharap, proses fasilitasi akses ekspor buah mangga ini dapat selesai di tahun depan menyusul protokol ekspor nanas ke China yang sudah ditandatangani Menteri GACC bulan Juli 2022 yang lalu,” tambah Bambang.

Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Kehati, AM. Adnan, juga melaporkan sepanjang tahun 2022 Barantan telah memfasilitasi lahirnya protokol ekspor akses pasar buah Manggis, Salak, Naga, Pisang untuk bisa menembus pasar Tiongkok.