Mengenal Cyperus Haspan Viviparus L, Tanaman Air yang Mampu Mengolah Limbah

Ilustrasi Cyperus Haspan Viviparus L (Flickr)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Selasa, 13 Desember 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Cyperus haspan Viviparus L. adalah salah satu tanaman air berupa rumput-rumputan. Biasanya tanaman ini tumbuh di perairan yang dangkal dan tergenang dan senang berkembang biak di lahan basah, berpasir, dan asam.

Ia juga dikenal sebagai gulma atau tanaman liar yang mampu memperbanyak diri secara efektif. Selain dengan biji, tanaman ini juga dapat memproduksi 50.000 biji dalam setahun dengan membentuk rhizome yang berasal dari akar.

Tak hanya menggunakan perbanyakan konvensional, gulma ini juga bisa dikembangbiakkan melalui kultur jaringan yang dilakukan dengan tujuan memperoleh bahan tanaman berupa kalus, embriosomatik, ataupun tunas yang akan digunakan untuk menyediakan benih dan transformasi gen yang berkaitan dengan kemampuan fitoremediasi yang tinggi.

Spesifikasi Cyperus haspan Viviparus L.

C. haspan merupakan tanaman perennial, yang bisa dikenali dari akarnya berwarna merah-ungu. Rimpang tanaman ini berukuran cukup pendek, dengan pertumbuhan horizontal, batang soliter dengan ujung batang berumbai, tegak, batangnya berbentuk segitiga, dan agak lunak.

Daun selubungnya sendiri terletak di dasar batang dengan panjang berkisar 2-10 cm. Warnanya hijau yang cenderung pucat hingga cokelat, ungu-cokelat, atau merah keungu-unguan.

Dalam satu tangkai, bunganya berjumlah 10-28 dengan panjang sekitar 25 mm dan berwarna ungu kecokelatan.

Manfaat Cyperus haspan Viviparus L.

Meskipun merupakan gulma, Cyperus haspan Viviparus L. ternyata memiliki banyak manfaat. Beberapa diantaranya yaitu:

1. Dijadikan sebagai tanaman hias

Karenakan bentuknya yang sangat cantik dengan warna menarik, tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

2. Bahan pembuatan perabotan rumah tangga

Selain itu, tanaman ini juga kerap digunakan sebagai bahan untuk membuat perabotan rumah tangga seperti tikar dan keranjang. Pasalnya bagian empulur batang tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai sumbu lampu.

3. Bahan pengobatan tradisional

Tahukah kamu, ternyata seluruh bagian tanaman air ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional yang digunakan untuk membersihkan darah, obat batuk, reumatik, kolera, dyspepsia, dan demam.

4. Mengolah limbah

Tidak sampai disitu saja, tanaman air ini juga mampu menekan pencemaran air. Tak heran jika tanaman ini sering diaplikasikan pada limbah cair dari rumah potong hewan (RPH).

Baca Juga: Mengenal Cyperus Haspan Viviparus L, Tanaman Air yang Mampu Mengolah Limbah
Kemuning, Tanaman Cantik yang Bermanfaat untuk Pengobatan Herbal

Berdasarkan hasil penelitian dengan rata-rata biomassa 5,9650 gram tanaman Cyperus haspan Viviparus L. per bak memiliki potensi dalam menurunkan pencemaran limbah RPH sebanyak 71 persen untuk BOD dan 94 persen TSS selama 10 hari.

Hal ini membuat Cyperus haspan Viviparus L. memiliki nilai ekonomi tinggi karena berpotensial untuk mengolah limbah dengan sistem lahan basah buatan.