Bunga Telang, Si Ungu yang Bisa Bikin Kulit Cantik Mempesona

Ilustrasi perawatan bunga telang. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Rabu, 21 Desember 2022 | 08:30 WIB

Sariagri - Bunga telang merupakan tanaman yang memiliki bunga berwarna biru cerah dan ungu, kelopaknya berbentuk corong, serta mahkota berbentuk kupu-kupu. 

Tanaman bernama latin Clitoria ternatea ini berasal dari Amerika Selatan bagian tengah yang menyebar ke daerah tropik sejak abad 19, terutama ke Asia Tenggara termasuk Indonesia. Meski keberadaannya selama ini sering dijadikan tanaman hias, faktanya bunga telang juga mempunyai manfaat untuk kesehatan kulit.

Berikut sederet manfaat bunga telang untuk kulit, seperi dilansir Teamiblends.

1. Meredakan iritasi kulit ringan

Dari hasil studi pada 2018 lalu, masker yang mengandung bunga telang dapat membantu meredakan rasa gatal dan iritasi umum pada kulit. Lalu, studi lain yang diterbitkan dalam Indian Journal of Pharmacology di tahun 2012 juga mendukung manfaat bunga telang dalam meremajakan kulit.

2. Meningkatkan retensi kelembaban kulit

Studi lainnya juga menemukan bahwa bunga telang bisa meminimalisir rasa tidak nyaman di kulit serta meningkatkan retensi kelembaban kulit. Ini merupakan manfaat penting. Sebab, kelembaban dapat membantu kulit untuk memulihkan diri.

Selain itu, retensi kelembaban juga dapat membantu menghentikan kekeringan dan meningkatkan keseimbangan lipid. Kulit yang terhidrasi dan lembab pun cenderung lebih kenyal, bercahaya, dan memberi kesan awet muda.

3. Kaya antioksidan

Bunga telang diketahui kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan dan elastisitas kulit, seperti flavonoid, antosianin, dan polifenol.

Jadi, lotion yang mengandung bunga telang sangat baik untuk kamu yang mempunyai aktivitas diluar ruangan yang sering menghadapi oksidan yang berasal dari keringat, polusi, riasan, dan kotoran. Bahkan, antioksidan dalam bunga telang juga dapat membantu meminimalisir garis-garis halus dan meningkatkan penampilan kulit.

3. Mendukung produksi kolagen

Kolagen merupakan bahan alami dalam kulit yang membantu menunda penuaan. Dalam beberapa studi, ekstrak bunga telang pun diyakini dapat membantu produksi kolagen.

4. Mengurangi kemerahan

Karena bunga telang memiliki kemampuan untuk meredakan kulit iritasi, bunga telang juga dapat meminimalisasi kemerahan yang disebabkan oleh jerawat, kekeringan, dan iritasi umum lainnya.

Manfaat menutrisi bunga telang ini juga dapat ditingkatkan jika dikombinasikan dengan nutrisi lain yang dapat memberi manfaat pada kesehatan kulit.

Baca Juga: Bunga Telang, Si Ungu yang Bisa Bikin Kulit Cantik Mempesona
Alasan Mengapa Skincare dengan Kandungan Mugwort Kini Banyak Dicari

5. Memperbaiki skin barrier

Terakhir, bunga telang mengandung antioksidan berbasis tumbuhan dan vitamin berbasis antioksidan, seperti vitamin A, C dan E, yang mampu memperbaiki skin barrier, lapisan terluar kulit yang disebut stratum corneum.

Skin barrier berfungsi untuk melindungi tubuh dari iritan, termasuk alergen dan bakteri. Namun jika rusak, kekuatan skin barrier tentu akan melemah. Untungnya, produk perawatan kulit yang mengandung bunga telang bisa membantu memperbaiki skin barrier.