Tak Hanya Cantik, 3 Jenis Tanaman Ini Juga Bisa Jadi Kerajinan Tangan

Kerajinan dari Eceng Dondok (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Sabtu, 24 Desember 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Indonesia terkenal kaya akan berbagai macam tumbuhan dan bentuknya pun banyak sekali yang unik. Tak heran jika saat ini banyak orang terinspirasi untuk menggunakan tumbuhan sebagai bahan dasar dalam berkreasi.

Beragam karya kerajinan tangan yang sangat unik mempunyai nilai seni tinggi dan bahkan mempunyai nilai jual yang tinggi pula.

Bahkan untuk hal ini Indonesia sudah sangat diakui mempunyai inovasi yang selalu berkembang dalam hal menciptakan sebuah karya seni.

Berbicara soal karya seni, berikut ini 3 contoh kerajinan yang bisa kita ciptakan dari tumbuhan.

1. Kerajinan tulang daun

Limbah daun bukan hanya bisa digunakan sebagai kompos ternyata. Ditangan orang yang mempunyai kreativitas tinggi, daun yang sudah layu ingin bisa diubah menjadi karya yang bernilai estetik.

Tulang daun ini bisa dikreasikan menjadi kanvas lukis, pigura, gantungan kunci, dan masih banyak lagi. Namun, tidak semua daun bisa digunakan, harus dipilih daun yang mempunyai tulang atau kerangka yang keras.

2. Ecoprint

Ecoprint adalah teknik membatik atau memberi pola dengan cara menempel dan menyusun bentuk asli daun atau tumbuhan pada kain.

Agar menciptakan hasil visual yang unik dan bernilai seni tinggi, jenis daun yang dipilih harus memiliki tanin atau sejenis zat warna alami. Untuk daun ini kamu bisa memanfaatkan daun jati, papaya, ketapang dan jarak

3. Kerajinan dari eceng gondok

Tumbuhan liar yang biasa tumbuh di danau atau sungai ternyata bukan hanya sekedar tumbuhan liar yang tidak berguna.

Selain dapat mengurangi limbah di perairan, eceng gondok yang sudah dikeringkan juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan anyaman. Salah satu yang sudah sangat dikenal masyarakat adalah kerajinan anyaman tas dari eceng gondok.

Baca Juga: Tak Hanya Cantik, 3 Jenis Tanaman Ini Juga Bisa Jadi Kerajinan Tangan
Bernilai Ekonomi Tinggi, Ini 4 Daerah Penghasil Kayu Jati di Indonesia

Itulah ketiga kerajinan yang terinspirasi dari tanaman. Tentunya masih banyak sekali kerajinan lain yang bisa diciptakan yang terinspirasi dari pemanfaatan tanaman sekitar kita.

Meskipun proses pembuatannya membutuhkan tingkat ketelitian dan ketelatenan, akan tetapi setelah melihat hasilnya yang penuh karya seni pasti kita akan mempunyai tingkat kepuasan tersendiri.