Mudah dan Praktis, Coba Yuk Tanam Seledri Menggunakan Polybag

Ilustrasi seledri. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Senin, 23 Januari 2023 | 07:00 WIB

Sariagri - Daun seledri merupakan salah satu jenis sayuran yang biasa dipakai sebagai pelengkap masakan. Selain membuat masakan lebih lezat, daun seledri juga memberikan sensasi yang menyegarkan. 

Menanamnya memang tergolong mudah, namun kamu harus tahu Sobat Agri, jika tanaman seledri tidak tahan terhadap curah hujan tinggi. Oleh karena itu, sebelum kamu menanamnya dengan polybag, simak dulu tips berikut ini.

Pembibitan

Akan lebih mudah jika menerapkan perbanyakan vegetatif ketika menanam seledri di polybag atau pot. Menanam seledri dengan cara vegetatif adalah dengan mengambil anakan yang tumbuh di sekitar seledri untuk dipindah ke tempat lain.

Jika belum mempunyai anakan, kamu dapat melakukan pembibitan generatif terlebih dulu. Kamu juga harus menyemai biji terlebih dahulu sehingga pecah dan menjadi bibit.

Bibit umumnya sudah bisa dipindah tanam setelah 30 hari atau terlihat tumbuh 3 sampai 4 helai daun. Untuk mempercepat pertumbuhan bibit, semprotkan pupuk daun dan menambah pupuk NPK sebanyak 10 gram per 10 liter air pada hari ke-20 hingga hari ke-25.

Penanaman

Setelah menyemai benih, pindahkan bibit ke dalam polybag atau pot yang dijadikan tempat tanam. Sebelum itu, perlu beberapa persiapan yakni menyediakan polybag ukuran sedang (40 x 50 cm).

Isi polybag dengan media tanam. Media tanam yang digunakan terdiri dari campuran tanah, arang sekam dan kompos dengan perbandingan 1:1:1.

Setelah dicampur, aduk terlebih dahulu hasil campurannya. Cabut bibit dari baki semai dengan menyiramkan sedikit air agar mudah dicabut. Lakukan dengan hati-hati dan secara perlahan.

Kemudian bikin lubang pada media tanam di dalam polybag sedalam 3 cm, lalu masukkan bibit dan timbun kembali dengan media tanam.

Perawatan

Jika semua proses sudah dijalani, lakukan perawatan intensif dengan menyiram seledri setiap pagi dan sore hari. Hal ini untuk menjaga kelembaban dari media tanam seledri.

Penting untuk kamu ingat, jangan siram terlalu banyak agar akarnya tidak busuk. Penyiraman rutin dapat dilakukan setiap hari selama sepekan pertama setelah bibit dipindahkan dari tempat persemaian.

Setelah itu, cukup menyiram seledri tiga kali dalam sepekan dengan menyesuaikan cuaca. Apabila kemarau, penyiraman cukup tiga kali sepekan.

Baca Juga: Mudah dan Praktis, Coba Yuk Tanam Seledri Menggunakan Polybag
Simak, Begini Cara Mudah Menanam Kencur dengan Polybag

Panen

Seledri biasanya bisa dipanen dalam waktu dua sampai tiga pekan. Seledri di polybag memang tidak menghasilkan tanaman seledri dalam jumlah banyak. Ciri-ciri seledri siap panen terlihat pada daunnya yang rimbun.

Untuk memanennya, cukup potong bagian dasar batang seledri, bukan anakannya. Seledri yang sudah dipetik dapat dipanen beberapa kali dengan jarak sekitar satu sampai dua pekan setelah panen sebelumnya.